Jalan-jalan ke Bulan Butuh Waktu Berapa Lama?

Jalan-jalan ke Bulan Butuh Waktu Berapa Lama?
Ilustrasi. Kredit: Penulis, Rima
Info Astronomy - Bulan adalah satu-satunya satelit alami dari planet Bumi. Jarak antara Bumi dan Bulan adalah rata-rata 360.000 km. Jarak terdekat (perigee) adalah 363.104 km sedangkan jarak terjauh (apogee) adalah 405.696 km.

Sejak beberapa dekade yang lalu, sudah banyak misi yang dilakukan untuk mengelilingi orbit bulan dan mendarat di permukaan Bulan, baik itu pesawat berawak maupun tidak berawak.

Kalau Anda jalan-jalan ke Bulan, berapa lama sih pesawat yang Anda tumpangi bisa sampai di Bulan, dihitung sejak peluncuran di permukaan Bumi?

Dari situs Universe Today diperoleh informasi, bahwa beberapa pesawat memerlukan waktu yang sangat lama untuk sampai di Bulan, tapi tercatat juga ada pesawat yang sangat cepat untuk mencapainya.

Paling lama: 1 Tahun 1 Bulan 2 Minggu

Misi paling lama yang tercatat hingga kini untuk mencapai bulan adalah milik ESA SMART-1 probe. Robot ini merupakan robot dengan teknologi tercanggih yang pernah dikirim ke luar angkasa.

Diluncurkan pada 27 September 2003 dengan menggunakan mesin revolutionary ion untuk menggerakkannya sampai di Bulan.

SMART-1 terbang dengan memilih jalur melingkar berbentuk spiral menjauhi Bumi dan sampai di Bulan pada tanggal 11 November 2004.

Meskipun tergolong sangat lambat, SMART-1 ini sangat efisien dalam penggunaan bahan bakar. Total SMART-1 hanya membawa 82 kg Xenon Propellant untuk keseluruhan misi yang berakhir pada tahun 2006.

Tidak terlalu lama: 5 hari

Chang’e-1 milik China diluncurkan dari Xichang Satellite Launch Center pada 24 Oktober 2007, tapi tetap mengorbit di Bumi sampai dengan 31 Oktober 2007 dan sampai di orbit Bulan pada tanggal 5 November 2007.

Maka dari itu Chang’e-1 memerlukan 5 hari untuk melintasi orbit bumi sampai dengan tujuan akhirnya di orbit Bulan dengan menggunakan roket booster.

Pesawat berawak manusia: 3 hari, 3 jam, 49 menit

Apollo 11 diluncurkan dengan menempelkannya pada roket super besar multi-stage Saturn V pada 16 Juli 1969 dari Kennedy Space Centre, Amerika Serikat.

Apollo 11 sampai di orbit Bulan setelah menempuh perjalanan selama 3 hari lebih di angkasa pada 19 Juli 1969. Ini adalah misinya Neil Armstrong.

Misi pertama ke Bulan: 36 jam

Luna 1 adalah probe milik Soviet, merupakan misi yang pertama kali dibuat manusia untuk menuju Bulan.

Diluncurkan pada 2 Januari 1959 dan sampai di orbit bulan pada 4 Januari 1956 setelah melakukan perjalanan selama 36 jam. Luna 1 menempuh jarak antara bumi dan bulan dengan kecepatan rata-rata 10.500 km/jam

Rekor tercepat: 8 jam 35 menit

Sampai saat tulisan ini dibuat (8/9), rekor perjalanan tercepat dari Bumi ke Bulan dipegang oleh New Horizons sebuah pesawat tak berawak milik NASA yang diproyeksikan untuk menjelajah sampai ke Pluto.

Dengan roket pendorong yang sangat kuat, wahana ini mampu meluncur dengan kecepatan lebih dari 58.000 km/jam.

Dengan kecepatan seperti itu, New Horizons mampu mencapai Bulan hanya dalam waktu 8 jam 35 menit. Tapi perlu dicatat, bahwa pesawat ini sebenarnya bukan menjalankan misi menuju Bulan melainkan ke Pluto dan sistem di luar tata surya kita.

Jadi, berbeda dengan pesawat-pesawat lainnya di atas, New Horizons tidak melakukan pelambatan laju ketika mendekati orbit Bulan.
Jalan-jalan ke Bulan Butuh Waktu Berapa Lama? Jalan-jalan ke Bulan Butuh Waktu Berapa Lama? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/08/2013 12:23:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.