Hujan Meteor Piscid Mencapai Puncaknya Akhir Pekan Ini

Hujan Meteor Piscid Mencapai Puncaknya Akhir Pekan Ini
Titik radian hujan meteor Piscid. Kredit: In The Sky
Info Astronomy - Hujan meteor akan nampak lagi di langit Bumi, termasuk langit Indonesia. Hujan meteor kali ini bernama Piscid, namanya berasal dari titik radiannya yakni rasi bintang Pisces.

Hujan meteor Piscid merupakan hujan meteor minor atau hujan meteor yang intensitasnya kecil. Puncaknya akan terjadi pada Sabtu, 21 September 2013 dengan intensitas 5 meteor per jam.

Namun, pengamatan hujan meteor Piscid 2013 akan terganggu oleh cahaya Bulan. Sebab Bulan bertengger di rasi bintang Pisces pada hari yang sama dengan puncak hujan meteor Piscid.

Semakin cemerlang langit, semakin sulit mengamati hujan meteor apapun.

Jadi, jika Anda berniat untuk melihat hujan meteor Piscid akhir pekan ini, usahakan keadaan langit sekitar lokasi pengamatan bebas dari cahaya lampu kota dan polusi cahaya lainnya, termasuk polusi udara.

Pengamatan bisa dilakukan selepas tengah malam hingga Minggu, 22 September 2013 dinihari sebelum Matahari terbit. Bisa dilakukan dengan mata telanjang dan memang seharusnya begitu.

Sebab menggunakan teleskop akan sangat sia-sia. Pergerakan meteor yang cepat akan menyulitkan Anda menikmati hujan meteor apapun.

Titik radian -- lokasi di langit di mana hujan meteor muncul -- pada hujan meteor Piscid adalah di ketinggian 00h00m07s, deklinasi +00°00'00 di rasi bintang Pisces.

Selamat  mengamati, semoga beruntung!
Hujan Meteor Piscid Mencapai Puncaknya Akhir Pekan Ini Hujan Meteor Piscid Mencapai Puncaknya Akhir Pekan Ini Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/16/2013 04:20:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.