Aurora yang Memukau Muncul di Langit Finlandia

Aurora yang Memukau Muncul di Langit Finlandia
Aurora di langit Oulunsalo, Finlandia pada 31 Agustus 2013. Kredit: Thomas Kast
Info Astronomy - Cahaya utara atau Aurora Borealis menari dengan warna biru dan hijau yang menakjubkan menerangi malam di atas Oulunsalo, Finlandia dalam foto langit malam yang menawan dikirim oleh Thomas Kast.

Fotografer Thomas Kast, mengabadikan foto yang luar biasa dari cahaya utara sekitar 02:15 waktu setempat pada 31 Agustus di konstelasi Ursa Major yang berada tepat di atas lampu-lampu kota terang Oulo.

Cahaya utara dipicu oleh partikel bermuatan dari Matahari berupa angin matahari yang berinteraksi dengan atmosfer teratas Bumi. Pertikel tersebut bergerak ke medan magnet Bumi yang ada di kedua kutubnya.

Partikel ini ditarik oleh medan magnet Bumi ke Kutub Utara atau Selatan, menciptakan aurora borealis, atau cahaya utara, dan di bagian selatannya yakni aurora australis atau cahaya selatan.

Sementara aurora biasanya terlihat di lintang tinggi belahan Bumi Utara dan Selatan, beberapa letusan Matahari memicu meningkatnya intensitas badai geomagnetik di atmosfer Bumi.

Matahari saat ini sedang dalam fase siklus aktif dan diperkirakan akan mencapai aktivitas puncaknya akhir tahun ini. Siklus Matahari dikenal sebagai Solar Cycle, dan tahun ini adalah yang ke-24.
Aurora yang Memukau Muncul di Langit Finlandia Aurora yang Memukau Muncul di Langit Finlandia Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/12/2013 05:30:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.