5 Fakta Menarik Seputar Berjalan di Luar Angkasa

5 Fakta Menarik Seputar Berjalan di Luar Angkasa
2 astronot berjalan di luar angkasa. Kredit: NASA
Info Astronomy - Pada tanggal 11 Mei 2013, dua astronot ISS berhasil menyelesaikan misi berjalan di luar angkasa untuk memperbaiki kebocoran cairan pendingin.

Berjalan di luar angkasa (spacewalk), adalah aktivitas di mana seorang astronot harus memberanikan diri 'berenang' di gravitasi yang kecil. Berikut adalah 5 fakta yang luar biasa tentang spacewalk menurut NASA:

5. Cepatnya Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS)

Anda mungkin mendapat masalah dengan polisi untuk mengemudi lebih dari 60-70 m/jam di Bumi, sekarang bayangkan akan di 17.227 m/jam.

Itulah kecepatan rata-rata dari ISS ketika astronot keluar dari lingkungan pelindung mereka dalam ISS untuk melakukan spacewalk.

4. Suhu yang dingin

Suhu yang astronot hadapi selama spacewalk bisa berkisar -156 derajat Celcius, tergantung pada posisi mereka.

3. Perlengkapan yang banyak

Untuk beberapa misi spacewalk, astronot dapat memanfaatkan lebih dari 100 perkakas. Mereka tidak akan merasa keberatan dalam membawa perkakas tersebut karena kecilnya gravitasi.

2. Lamanya persiapan

Dibutuhkan sekitar 45 menit untuk memakai baju astronot. Dan sebelum menuju keluar, para astronot menghirup oksigen murni selama lebih dari satu jam.

1. Astronot yang menjalani misi spacewalk paling lama

Susan J. Helms dan James S. Voss memegang rekor saat ini di 8 jam 56 menit untuk spacewalk terpanjang dalam sejarah. Rekor tersebut belum terpecahkan hingga kini. Berminat untuk jadi pemecah rekor?
5 Fakta Menarik Seputar Berjalan di Luar Angkasa 5 Fakta Menarik Seputar Berjalan di Luar Angkasa Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/14/2013 02:30:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.