Wajib Lihat! Daftar Fenomena Astronomi Agustus 2013

Wajib Lihat! Daftar Fenomena Astronomi Agustus 2013
Fenomena Astronomi Agustus 2013. Kredit: Info Astronomy
Info Astronomy - Bumi masih berputar, dan karena perputarannya itu saat ini kita sudah memasuki bulan Agustus 2013. Ada fenomena astronomi apa saja Agustus ini? Siapkan alat mencatat!

Info Astronomy telah merangkum fenomena-fenomena yang wajib Anda lihat di langit malam bulan Agustus 2013. Berikut selengkapnya:

Minggu, 4 Agustus: Bulan dan Jupiter berdekatan 4,5 derajat

Fenomena ini bagi orang yang selalu mengamati langit menjadi fenomena yang biasa, pasalnya ini terus terulang tiap bulannya. Bulan yang akan berdekatan dengan Jupiter pada 4 Agustus nanti akan menjadi salah satu tontonan yang menarik di langit malam.

Mereka akan muncul di langit timur saat subuh atau pukul 05.00 waktu setempat. Bulan saat itu dalam fase sabit dan Jupiter akan menemani di sebelah kirinya.

Sabtu, 10 Agustus: Bulan dan Venus berdekatan 5,5 derajat

Setelah umat Muslim merayakan Idul Fitri, Bulan dan Venus akan menemani langit senja. Bulan yang berada di fase sabit muda akan ditemani Venus di sebelah kanan bawahnya.

Mereka berdua akan menjadi 2 objek paling cemerlang di langit. Dengan magnitudo Bulan -8,6 dan Venus -3,42 membuatnya mempesona di hari bahagia.

Selasa, 13 Agustus: Hujan Meteor Perseid

Ini mungkin menjadi fenomena yang ditunggu-tunggu oleh para pengamat langit, hujan meteor Perseid. Hujan meteor ini merupakan hujan meteor terbaik tahun 2013.

Hujan meteor Perseid akan terjadi di rasi bintang Perseus. Setidaknya akan ada 80 meteor setiap menit. Pastikan langit daerah Anda cerah dan ajaklah teman, saudara, atau orang terkasih untuk melihat bersama.

Selasa, 13 Agustus: Bulan dan Saturnus berdekatan 2,9 derajat

Masih di malam yang sama dengan hujan meteor Perseid, Bulan dan Saturnus akan menemani pengamatan Anda. Mereka akan berdekatan mulai pukul 2 dinihari.

Rabu, 14 Agustus: Bulan Separuh Awal

Pada malam 14 Agustus, Bulan akan nampak separuh saja. Hal tersebut terjadi saat separuh dari piringan Bulan tidak disinari Matahari.

Rabu, 21 Agustus: Bulan Purnama

Inilah malam di mana Bulan akan terlihat begitu cantik, malam terang Bulan. Bulan Purnama atau Full Moon sangat menarik untuk diamati.

Keluar rumah lah selepas senja dan lihat langit Timur, Bulan Purnama sudah menunggu di sana. Dan keesokan harinya, Bulan Purnama sudah berada di langit Barat.

Hari-hari terakhir Agustus, Anda juga berkesempatan melihat komet ISON yang akan mulai menampakan dirinya. Tunggu info lengkapnya.

Itulah fenomena-fenomena terbaik yang wajib dilihat. Selamat mengobservasi!
Wajib Lihat! Daftar Fenomena Astronomi Agustus 2013 Wajib Lihat! Daftar Fenomena Astronomi Agustus 2013 Reviewed by Kontributor on 8/01/2013 08:00:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.