Ramainya Langit Timur 4 Agustus 2013

Ramainya Langit Timur 4 Agustus 2013
Pemandangan sebelum fajar 4 Agustus 2013. Kredit: Abu Yahya Jamali
Klik untuk memperbesar
Info Astronomy - Apakah Anda bangun pagi hari ini? Pada pukul 05.00 waktu setempat hari ini, langit timur begitu ramai dengan adanya objek-objek luar angkasa.

Yang paling cemerlang tentu saja Bulan. Bulan Sabit di akhir-akhir Ramadhan ini menjadi pemandangan yang indah di pagi hari. Ditemani Jupiter, Mars, Merkurius dan beberapa rasi bintang yang cemerlang.

Ramainya Langit Timur 4 Agustus 2013
Bulan Sabit 4 Agustus 2013. Kredit: Abu Yahya Jamali
Klik untuk memperbesar
Astrofotografer asal Indonesia bernama Abu Yahya Jamali berhasil mengabadikan sebuah foto yang menakjubkan. Bulan Sabit yang bersebelahan dengan Jupiter pagi tadi.

Foto tersebut berhasil ia ambil dengan menggunakan kamera Nikon, ISO 2000, Eksposur 0,6 detik, f/4,5, dan focal length 80mm.

Dalam foto tersebut, Jupiter berada di sisi kiri Bulan Sabit. Planet Mars yang seharusnya juga nampak sayangnya tertutup awan di bawah Jupiter.

Foto lain yang ia potret adalah wajah dari Bulan Sabit Akhir. Kedua foto tersebut ia unggah di akun Facebook-nya dan mendapatkan respon yang positif dari teman-temannya.

Untuk mendapatkan foto-foto yang bagus seperti milik Abu Yahya Jamali memang membutuhkan teknik fotografi yang mumpuni. Tapi jangan khawatir, melihat dengan mata telanjang juga tidak ada salahnya, kan?

Besok sebelum fajar, 5 Agustus 2013. Jupiter, Mars, Merkurius dan Bulan masih bisa diamati. Perbedaannya, Bulan akan nampak lebih tipis dan berdekatan dengan Merkurius. Bangun pukul 5 dan amati keindahan semesta!
Ramainya Langit Timur 4 Agustus 2013 Ramainya Langit Timur 4 Agustus 2013 Reviewed by Kontributor on 8/04/2013 12:29:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.