Lihat Tiga Asteroid di Langit Malam Agustus 2013

Asteroid-asteroid yang bisa dilihat dengan mata telanjang.
Kredit: Starry Night
Info Astronomy - Apakah Anda pernah melihat sebuah asteroid? Agustus ini adalah waktu yang tepat untuk melihatnya.

Batu luar angkasa yang meskipun dalam ukuran kecil ini jumlahnya sangat banyak, namun sangat sedikit astronom amatir yang pernah melihatnya.

Beberapa pekan kedepan akan ada kesempatan untuk melihat tiga asteroid dalam satu malam: Flora, Juno, dan Iris.

Asteroid Juno, Flora dan Iris adalah tiga dari delapan batu luar angkasa yang pernah ditemukan.

Juno adalah asteroid ketiga yang ditemukan, pada 1804, segera setelah Ceres - asteroid terbesar - pada tahun 1801 dan Pallas pada tahun 1802. Ia ditemukan oleh astronom Jerman Karl Ludwig Harding, dan dinamai Juno, yang tertinggi dari dewi Romawi.

Saat ini Juno terletak di bagian barat dari konstelasi Aquarius, dan magnitdonya 8,6. Semakin rendah angka magnitudo, semakin terang objek.

Juno terlalu redup untuk dilihat dengan mata telanjang, namun dapat dengan mudah dilihat dalam teropong atau teleskop kecil.

Pada tahun 1846, astronom Inggris John Russell Hind menemukan Iris pada 13 Agustus dan Flora di 18 Oktober.

Iris dinamai dari dewi Yunani yang artinya pelangi dan Flora dari dewi Romawi yang artinya bunga. Juno adalah yang terbesar dari ketiganya, berdiameter 233 kilometer, dan Flora yang terkecil dengan 128 kilometer, dengan Iris berdiameter 200 kilometer.

Mereka semua berdiameter cukup kecil. Asteroid Juno telah difoto oleh Hooker Telescope di Gunung Wilson, dan merupakan bentuk kentang kasar dengan kawah yang sangat besar pada permukaannya.

Saat ini, Iris ada di pusat Aquarius dengan magnitudo 7,6, menjadikannya paling cemerlang dari ketiganya, dan Flora di Sagitarius dengan magnitudo 8.6. Iris terletak di selatan gugus bola Messier 2, Juno di utara Messiers 72 dan 73, dan Flora di barat gugus bola Messier 75.

Untuk menemukannya memang bukan hal yang mudah, namun untuk membantu Anda, Anda dapat menggunakan peta langit yang bisa diunduh di ini.

Akan benar-benar luar biasa jika kita bisa melihat asteroid, yang lebih jauh daripada Mars dengan teropong biasa. Jangan lewatkan kesempatan ini.