Ledakan Bintang Terdeteksi, Bisa Dilihat dengan Teleskop

Ledakan Bintang Terdeteksi, Bisa Dilihat dengan Teleskop
Nova baru di konstelasi Delphinus. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Mencari sesuatu yang baru untuk dilihat dalam teropong atau teleskop malam ini? Bagaimana sebuah objek yang secara harfiah berarti "baru".

Astronom amatir Koichi Itagaki dari Yamagata, Jepang menemukan sebuah nova (ledakan bintang yang tidak terlalu besar) di konstelasi Delphinus pada 14 Agustus 2013.

Dia menggunakan teleskop kecil 7-inci (0,18 m) dengan cermin dan kamera CCD untuk menangkap objek tersebut. Mari kita berharap untuk melihatnya juga. Bernama resmi PNVJ20233073 2.046.041, akan segera berubah menjadi Nova Delphini 2013.

Beberapa jam setelah penemuan, objek ini dikukuhkan sebagai objek baru yang bersinar di magnitudo 6,8 -- hanya di bawah batas magnitudo untuk mata telanjang.

Karena Nova ini masih tergolong baru, kami rasa magnitudonya masih sangat cemerlang dan bisa diamati dengan mata telanjang. Hal yang perlu dicari untuk melihatnya adalah, rasi bintang Delphinus.

Nova dapat naik pada kecerahan magnitudo 7-16, setara dengan 50.000 sampai 100.000 kali lebih terang dari matahari, tetapi hanya dalam beberapa hari.

Sedangkan gas yang ada dalam ledakan itu menjauhi inti bintang sampai dengan kecepatan 2000 mil per detik. Ini salah satu ledakan besar!
Ledakan Bintang Terdeteksi, Bisa Dilihat dengan Teleskop Ledakan Bintang Terdeteksi, Bisa Dilihat dengan Teleskop Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/15/2013 09:30:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.