Jupiter, Mars dan Merkurius: Lihat Ketiganya Bersamaan Pekan Ini

Jupiter, Mars dan Bulan pagi tadi. Kredit: Starry Night
Info Astronomy - Selama dua hari kedepan, pasang alarm Anda 75 menit sebelum terbit Matahari. Jika langit cerah, Anda dapat melihat 3 planet secara bersamaan di langit timur.

Tiga planet paling cemerlang di Agustus 2013 akan membantuk garis lurus berjejer di langit. Dari atas ke bawah adalah Jupiter, Mars dan Merkurius. Dan bonusnya, juga akan ada Bulan Sabit tipis yang berada dekat mereka.

Untuk melihat planet tersebut, bangun lah pukul 5:10 waktu lokal. Di langit timur akan banyak sekali benda langit. Untuk membedakan planet dengan bintang-bintang, silakan simak penjelasannya di sini.

4 Agustus 2013

Mars akan nampak bagai bintang merah kekuningan dengan magnitudo 1,6 dan ia akan terbit 20 menit sebelum matahari terbit. Bersamaan dengan itu, Jupiter akan berada di atas Mars.

Dengan kenampakan Jupiter sebagai bintang kuning keputihan yang paling cemerlang di antara ketiganya, Jupiter akan paling mudah ditemukan di langit yang cerah.

5 derajat dari Mars pada 4 Agustus 2013, akan nampak juga Bulan Sabit yang permukaannya disinari Matahari sebanyak 6%.

5 Agustus 2013

Lihat Merkurius yang berkedudukan begitu rendah di langit timur, ia akan muncul satu jam sebelum Matahari terbit. Merkurius akan terlihat bagai bintang kuning yang kecil dengan magnitudo 1,3.

Di tanggal 5 Agustus ini, Bulan akan berada dekat Merkurius dengan 2% disinari Matahari.

Walaupun mereka berdekatan di langit Bumi, keadaan sebenarnya sangatlah berjauhan. Objek terdekat saat itu tentu saja adalah Bulan -- berjarak 405.000 kilometer saat itu.

Terdekat kedua adalah Merkurius dengan jarak 146 juta kilometer. Diikuti Mars (358 juta kilometer) lalu Jupiter (892 juta kilometer).