Amati Gerhana Bintang Spica oleh Bulan Malam Ini

Amati Gerhana Bintang Spica oleh Bulan Malam Ini
Okultasi Spica oleh Bulan. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Pernah melihat gerhana matahari? Mungkin fenomena itu menjadi fenomena 'biasa' untuk sebagian orang. Malam ini, akan ada gerhana yang lain.

Sebenarnya, fenomena ini disebut okultasi. Secara sederhana okultasi dapat diartikan sebagai satu garis lurusnya objek langit yang jauh dengan yang dekat ke Bumi di langit. Ini akan terlihat seperti gerhana.

Malam ini, okultasi akan terjadi pada bintang Spica. Bintang berwarna biru keputihan dan salah satu objek paling cemerlang di langit urban.

Fenomena okultasi Spica oleh Bulan hanya dapat diamati di wilayah Bumi belahan utara. Untuk kita di Indonesia, yang terlihat adalah seperti foto di atas.

Ada yang menarik dari fenomena ini. Jika Anda mengamati okultasi mulai pukul 19.00, Anda akan melihat kenampakan seperti foto di atas.

Jika Anda terus mengamati hingga pukul 21.00, Anda akan melihat bintang Spica yang dengan perlahan menjauh atau bergerak ke bawah dari Bulan.

Fenomena ini tentunya bisa dilihat di seluruh Indonesia dan dilihat dengan mata telanjang juga boleh. Tapi jika Anda memiliki teleskop, tidak ada salahnya untuk menggunakannya.
Amati Gerhana Bintang Spica oleh Bulan Malam Ini Amati Gerhana Bintang Spica oleh Bulan Malam Ini Reviewed by Kontributor on 8/12/2013 11:08:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.