Inilah Letak Tata Surya di Galaksi Bima Sakti

Pertanyaan dari Leo Wibowo Seta Nugraha:
Saya mau nanya bumi, matahari dan planet kita ini kan termasuk dalam tata surya dan tata surya itu sendiri termasuk dalam galaksi bimasakti. yg ingin saya tanyakan sebenarnya posisi tata surya itu sendiri berada dimananya bimasakti? makasih.

Inilah Letak Tata Surya di Galaksi Bima Sakti
Ilustrasi galaksi Bima Sakti dan letak tata surya kita. Kredit: NASA
Info Astronomy - Bumi dan tata surya kita terletak di galaksi Bima Sakti, tapi dimanakah persisnya?

Untuk diketahui bahwa galaksi Bima Sakti luar biasa besarnya. Diameternya mencapai 100 ribu tahun cahaya, berisi kurang lebih 100-400 miliar bintang, dan Bumi kita berada sekitar 25 ribu tahun cahaya dari pusat galaksi, bukan di pusat galaksi.

Para ahli astronomi sepakat bahwa galaksi Bima Sakti berbentuk spiral dan memiliki 2 lengan utama yaitu lengan Perseus dan lengan Scutum-Centaurus dan beberapa lengan kecil lainnya.

Tata surya kita berada di daerah diantara dua lengan yang disebut Orion-Cygnus. Lengan ini diameternya 3500 tahun cahaya dan panjangnya 10.000 tahun cahaya dan berakhir pada lengan Sagitarius.

Untuk sekali mengelilingi pusat galaksi Bima Sakti, Matahari kita butuh waktu 250 juta tahun, dan terakhir kali Matahari menyelesaikan putarannya pada jaman Dinosaurus.

---
Ingin bertanya seperti Leo? Gunakan fasilitas Tanya Astro!
Inilah Letak Tata Surya di Galaksi Bima Sakti Inilah Letak Tata Surya di Galaksi Bima Sakti Reviewed by Kontributor on 7/25/2013 04:35:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.