Hujan Kaca Sedang Terjadi di Planet Mirip Bumi

Ilustrasi planet ekstra surya HD 189733b. Kredit: NASA/ESA
Info Astronomy - Untuk pertama kalinya, para ilmuwan telah melihat warna dari dunia asing yang jauh. Sebuah planet ekstra surya yang bernama HD 189733b, berjarak sekitar 63 tahun cahaya dari Bumi.

Ilmuwan mengatakan badai hujan kaca dan badai yang sangat kencang sedang melanda di planet ini.

Planet ekstra surya itu, atau dijuluki ‘titik biru tua’, merupakan planet gas raksasa, kira-kira sama besarnya dengan Jupiter, planet terbesar di Tata Surya kita.

Planet tersebut mengorbit dekat sekali dengan bintangnya sehingga temperatur atmosfernya mencapai lebih dari 1000 °C.

Tidak seperti di Bumi, di sana bukan air yang menyebabkan si planet berwarna biru. Atmosfernya mengandung sesuatu yang mirip dengan bahan yang ada pada kaca (yang disebut ‘silikat’) dan kilaunya berwarna biru.

Warna biru planet ini diambil menggunakan teleskop luar angkasa Hubble. Meskipun planet ini mungkin sama dengan warna Bumi dari luar angkasa, para ilmuwan berpikir bahwa HD 189733b -- nama resmi planet ini -- adalah "hot Jupiter".

Planet ini memerlukan waktu 2,2 hari waktu Bumi untuk mengorbit bintang induknya. Berpikir untuk bagaimana caranya mencapai planet tersebut? Tunggu dulu.

Di planet HD 189773b ini, sedang terjadi hujan kaca beserta angin badai yang berhembus sekitar 7000 kilometer per jam.