Bumi Diprediksi Berakhir 1 Miliar Tahun Mendatang

Ilustrasi Bumi ditabrak asteroid. Kredit: Sony Pictures
Info Astronomy - Sebuah studi baru memprediksi bahwa semua makhluk hidup, termasuk manusia, hewan dan tumbuhan akan lenyap dari Bumi dalam satu miliar tahun ke depan. Peneliti mengungkapkan bahwa hal ini terjadi sebagai akibat dari berkurangnya jumlah karbon dioksida di atmosfer.

Menurut studi yang dilakukan oleh astrobiologis, Jack O’Malley James dari University of St Andrews di Inggris, dalam satu miliar tahun ke depan, tingkat penguapan akan meningkat. Di mana, reaksi kimia dari air hujan akan menarik karbon dioksida dalam jumlah besar dari atmosfer Bumi.

Hilangnya kandungan karbon dioksida ini akan mengakibatkan melapetaka bagi tanaman, hewan bahkan planet Bumi. Di saat yang sama, Bumi akan kehabisan oksigen. Hal ini memacu lautan yang menghampar di Bumi akan benar-benar mengering.

Diduga penguapan air laut itu terjadi karena intensitas panas matahari yang kian terik. Dibalut rasa penasaran yang luar biasa, akhirnya O’Malley James menciptakan model komputer untuk memprediksi waktu kepunahan di masa depan berdasarkan model perubahan suhu.

Tak hanya itu saja, model ini bahkan diklaim dapat membantu peneliti untuk mengenalisa planet lain beserta akhir zamannya. Demikian dilansir Hindu Times, Selasa (2/7/2013).

“Kehidupan di masa depan akan jauh berbeda dengan yang ada di Bumi saat ini. Dengan menggunakan model ini, setidaknya kita dapat memprediksi seperti apa kehidupan seperti ini di luar Bumi. Dari situ kita bisa mendapat gambaran mengenai prediksi akhir zaman dari kehidupan ini,” jelas O’Malley James.
Bumi Diprediksi Berakhir 1 Miliar Tahun Mendatang Bumi Diprediksi Berakhir 1 Miliar Tahun Mendatang Reviewed by Kontributor on 7/04/2013 08:00:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.