Video: Detik-detik Melintasnya Asteroid 1998 QE2

Asteroid 1998 QE2 dalam gambar hitam-putih. Kredit: Riza Miftah Muharram
Info Astronomy - Asteroid raksasa yang telah melintasi Bumi pukul 00.00 WIB pada tanggal 1 Juni 2013 lalu berhasil terekam.

Para peneliti memperoleh beberapa citra radar dari asteroid bernama resmi 1998 QE2 ini pada Rabu, 29 Mei 2013 menggunakan antena radar Deep Space Network di Goldstone, California, Amerika Serikat.

Asteroid 1998 QE2 ukurannya sebesar Golden Gate Bridge di Amerika Serikat, diameternya 2,7 kilometer dengan daya ledak 16 juta kali bom Hirosima yang diledakan secara serempak.

Gianluca Masi melalui Observatorium Italia berhasil merekam pergerakan asteroid 1998 QE2 ini dengan sempurna.

Dari video yang ia unggah, asteroid hanya nampak seperti bintik putih dengan magnitudo +10, sangat sulit diamati dengan mata telanjang.