Sinar Gamma Mematikan Bisa Mencapai Bumi

Sinar Gamma. Kredit: NASA Chandra X-Ray Observatory
Info Astronomy - Bumi kemungkinan terletak di jalur sinar gamma mematikan yang dapat menyapu seperempat lapisan ozon.

Ahli astronomi mengatakan bahwa WR 104, sebuah bintang yang terletak sekitar 8 ribu tahun cahaya, bisa menjadi supernova yang menghasilkan sinar gamma dan mencapai bumi.

"Kami melihatnya sebagai supernova sampai 500 ribu dari sekarang," kata ahli astronomi Grant Hill kepada Forbes.

"Untuk semua tujuan, sinar gamma meledak dan energi elektromagnetik optikal dari supernova akan tiba di bumi secara simultan," tambahnya.

Ledakan sinar gamma dipicu oleh supernova atau bintang yang meledak.

Ada banyak perdebatan tentang ketika sinar gamma meledak dari WR 104 dan akan mencapai bumi. Namun Hill menjelaskan itu tergantung pada rotasi bintang.

Ahli ilmu fisika dari University of Kansas Adrian Melott mengatakan ledakan sinar gamma dapat meningkatkan radiasi UVB hingga 50%.

WR 104 ditemukan oleh astronom dari University of Sydney, Peter Tuthill, pada 1998.

Referensi: Telegraph.co.uk, NASA