Pekan Ini Puncak Hujan Meteor June Bootids

Meteor pada June Bootids tahun 2012. Kredit: NASA
Info Astronomy - Satu lagi fenomena astronomi menarik pada bulan Juni 2013 akan terjadi di pekan ini.

Hujan meteor June Bootids, nama fenomena itu, akan memuncak pada Kamis (26/6/2013) hingga Jum'at (27/6/2012) dini hari.

Hujan meteor ini sudah mulai nampak sejak 22 Juni 2013 lalu dan akan berakhir pada 2 Juli 2013 mendatang.

June Bootids ini memiliki radian di Rasi Bintang Bootes yang berada di langit belahan utara di mana ia sudah terbit saat menjelang malam dan akan terbenam lepas tengah malam.

Induk kemunculan hujan meteor June Bootids adalah Komet 7P/Pons-Winnecke yang mengorbit Matahari setiap sekitar 6 tahun. Bumi melewati wilayah di mana terdapat debris komet ini sehingga hujan meteor pun terjadi.

Pada tahun 1998 dan 2004, hujan meteor June Bootids begitu ramai. Ratusan meteor jatuh setiap jamnya. Tahun ini, hujan meteor June Bootids mungkin tak seramai itu, ditambah cahaya Bulan yang bakal mengganggu.

Untuk melihatnya, cukup pergi ke tempat yang gelap dan lapang, sekitar setelah Matahari tenggelam hingga lewat tengah malam. Tak perlu teleskop, hujan meteor bisa disaksikan dengan mata telanjang, cukup mengarahkan pandangan ke utara.

Membawa bekal makanan dan minuman hangat serta mengamati beramai-ramai dengan teman akan lebih mengasyikkan. Tak lupa, mengenakan baju hangat agar pengamatan hujan meteor tak berbuah sakit di esok hari.

Mengamati hujan meteor paling bagus di wilayah pedesaan yang tidak ada polusi cahaya. Melihat di kota? Semoga beruntung.

1. Gilak, info astronomy up-to-date banget. xo