NASA: Cuaca Antariksa Bisa Menimbulkan Badai di Bumi



Info Astronomy - Cuaca antariksa yang parah dapat menimbulkan bencana bagi planet Bumh seperti tornado besar dan bencana alam lainnya, kata bos NASA, Charles Bolden.

Bolden berbicara di hadapan para ilmuwan dan anggota industri di Space Weather Enterprise Forum, yang digelar di National Oceanic and Atmospheric Administration Auditorium dan Science Center di Silver Spring, Md.

Konferensi satu hari bertujuan untuk mempertemukan para peneliti dan pembuat kebijakan untuk mengidentifikasi bagaimana aktivitas matahari mempengaruhi Bumi, dan efek yang berpotensi berbahaya dari cuaca antariksa.

Badai matahari yang kuat bisa merusak satelit di luar angkasa dan jika mengarah pada Bumi, dapat mengganggu infrastruktur komunikasi dan jaringan listrik.

Para peserta konferensi membahas potensi kerentanan dalam infrastruktur yang ada, dan bagaimana mereka dapat membuatnya lebih kuat. Peneliti cuaca antariksa juga menyoroti upaya mitigasi yang berkelanjutan, termasuk perbaikan dalam teknologi dan pemodelan yang dapat membantu memprediksi badai masa depan.

"Sangat penting mengembangkan gambaran yang lebih jelas ketika badai ini bisa menyerang, dan dampak potensial mereka," kata Bolden. "Radiasi yang dikeluarkan oleh badai matahari yang parah juga dapat berisiko bagi astronot yang tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Memahami cara manusia hidup di luar angkasa yang dipengaruhi oleh cuaca antariksa akan membantu NASA merencanakan misi berawak masa depan ke Bulan, Mars atau ke tempat lainnya di luar angkasa."

Pekan lalu, sebuah studi baru menemukan bahwa astronot dalam misi ke Mars bisa terkena tingkat radiasi yang berbahaya dari kedua partikel matahari dan sinar kosmik dari luar tata surya, bahkan dengan perisai pada pesawat ruang angkasa.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science, menetapkan bahwa dalam perjalanan ke Mars, manusia akan terkena dosis radiasi antara 100 dan 1.000 kali lebih tinggi daripada di Bumi.

NASA juga berbicara tentang perlunya kerjasama internasional dalam mempelajari efek cuaca antariksa.

"Cuaca antariksa adalah masalah yang melintasi semua perbatasan dan menuntut masukan dari rekan-rekan internasional," ungkap Bolden.

Pekan depan, Bolden dijadwalkan untuk berbicara pada 56th Session of The United Nations Committee tentang Menggunakan Antariksa secara Damai di Wina, Austria.

Tahun ini, untuk pertama kalinya, komite PBB telah menambahkan cuaca antariksa sebagai topik diskusi, mengakui hal itu sebagai ancaman serius seperti sampah luar angkasa dan asteroid yang mendekati Bumi.

"Bersama PBB, kami yakin koordinasi global yang lebih besar dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman kita tentang cuaca antariksa dan dampaknya terhadap Bumi dan seluruh tata surya," tambahnya. "Kami telah menunjukkan bagaimana bekerja sebagai tim, kita bisa menyelamatkan nyawa ketika badai dan tornado menyerang di Bumi. Saya yakin kita bisa efektif bekerja sama untuk melindungi rakyat kita, infrastruktur, dan planet kita dari bahaya cuaca antariksa."
NASA: Cuaca Antariksa Bisa Menimbulkan Badai di Bumi NASA: Cuaca Antariksa Bisa Menimbulkan Badai di Bumi Reviewed by Kontributor on 6/06/2013 05:16:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.