Ilmuwan Akan Kirim Pesan ke Alien di Luar Angkasa

Stasiun Bumi Jamesburg. Kredit: Lone Signal Media
Info Astronomy - Sekelompok ilmuwan dan para pengusaha lelah menunggu lama untuk berhubungan dengan ET.

Alih-alih mendengarkan secara pasif tanda-tanda kehidupan cerdas di alam semesta, proyek Lone Signal meminta semua orang dengan koneksi internet untuk membantu mengirimkan pesan balok ke luar angkasa dalam upaya untuk memberitahu adanya kita (manusia) di alam semesta.

Ketika Lone Signal dikirimkan pada sore hari pada tanggal 17 Juni 2013, itu akan menandai upaya pertama kalinya manusia untuk mengirim pesan kepada 'pengamat' dari luar Bumi.

"Aku menatap bintang-bintang dan berpikir, 'Apakah ada orang melihat ke arahku?' Saya pikir ada hanya rasa ingin tahu yang melekat kita semua," kata Ernesto Qualizza, kepala pemasaran Lone Signal, 11 Juni 2013.

Difokuskan untuk yang lebih dekat

Para ilmuwan bekerja dengan Lone Signal telah memilih tempat tertentu di luar angkasa. Semua pesan yang dikirim melalui jaringan perusahaan akan dikirim ke sistem bintang yang disebut Gliese 526, yang terletak sekitar 17,6 tahun cahaya dari Bumi.

Gliese 526 merupakan kandidat yang baik untuk menyimpan kehidupan, yang telah diidentifikasi dalam katalog Sistem Planet Layak Huni Terdekat, kata Jacob Haqq Misra, ilmuwan Lone Signal.

Haqq Misra dan timnya mungkin memutuskan untuk memindahkan sinyal ke sistem bintang yang berbeda di masa depan.

Setelah peluncuran, operator Lone Signal akan mulai mengirim pesan ke Gliese 526 lewat Stasiun Bumi Jamesburg, fasilitas dari radio California yang dibangun pada tahun 1968.

Tempat kita di alam semesta

"Siapapun (alien) yang melihat Bumi di alam semesta mungkin sudah tahu bahwa kita ada," kata Haqq-Misra.

Stasiun Bumi Jamesburg akan memancarkan beberapa balok pesan yang ditujukan untuk planet ekstra surya yang mengorbit bintang Gliese 526. Satu pesan pertama membawa pesa yang dikembangkan oleh astronom Michael Busch, yang menjelaskan posisi bumi di alam semesta, menguraikan unsur-unsur dari tabel periodik dan memberikan definisi dari atom hidrogen dalam kode biner.

Jika sekelompok alien di planet yang mengorbit bintang Gliese 526 memiliki instrumen setara dengan California Allen Telescope Array, yang digunakan oleh SETI (Search for Extraterrestrial Intelligence) Institut di Bumi, mereka akan mampu mendeteksi, merekam dan mungkin membalas pesan.
Ilmuwan Akan Kirim Pesan ke Alien di Luar Angkasa Ilmuwan Akan Kirim Pesan ke Alien di Luar Angkasa Reviewed by Kontributor on 6/12/2013 11:26:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.