Ayo Main ke Planetarium Jakarta

Planetarium dan Observatorium Jakarta. Kredit: Herdian
Info Astronomy - Hari Minggu ini belum ada rencana? Bagaimana kalau main ke planetarium saja? Tentu akan menjadi pengalaman yang menyenangkan, lho!

Planetarium dan Observatorium Jakarta adalah satu dari tiga wahana simulasi langit di Indonesia selain di Kutai, Kalimantan Timur, dan Surabaya, Jawa Timur. Planetarium tertua ini letaknya di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Di tempat ini juga tersedia ruang pameran benda- benda angkasa yang menyuguhkan berbagai foto serta keterangan lengkap dari berbagai bentuk galaksi, teori-teori pembentukan galaksi disertai pengenalan tokoh-tokoh di balik munculnya teori.

Di ruang pameran ini, ada juga pajangan baju antariksa yang digunakan mengarungi angkasa, termasuk mendarat di Bulan. Beberapa peralatan lain untuk pengamatan antariksa turut dipamerkan.

Selain pertunjukan Teater Bintang dan multimedia / citra ganda, Planetarium & Observatorium Jakarta juga menyediakan sarana prasarana observasi benda-benda langit melalui peneropongan secara langsung, untuk menyaksikan fenomena / kejadian-kejadian alam lainnya, seperti gerhana bulan, gerhana matahari, komet dan lain-lain.

Penasaran? Datang saja ke alamat Planetarium Jakarta: Jl. Cikini Raya No. 73 , Taman Ismail Marzuki (TIM). Untuk tiket masuknya juga cukup terjangkau, anak-anak Rp 3500 dan dewasa Rp 7000.

Berikut jadwal pertunjukannya:
  1. Selasa - Kamis : 09.30 - 10.30, 11.00 - 12.00, 13.30 - 14.30, dan 16.30 - 17.30
  2. Jum'at : 9.30 - 10.30, 13.30 - 14.30 dan 16.30 - 17.30
  3. Sabtu - Minggu : 10.00 - 11.00, 11.30 - 12.30, 13.00 - 14.00, dan 14.30 - 15.30
  4. Libur Nasional : Tutup
  5. Senin : TUTUP untuk pemeliharaan
Berikut tipsnya untuk Anda yang ingin ke sana:
  1. Jumlah kursi yang tersedia sebanyak 330 kursi. Kalau sudah pegang tiket, jangan khawatir tidak kebagian kursi.
  2. Sistem antrian planetarium diposisikan kursi-kursi tunggu jadi semacam labirin, yang mana sekali masuk mau keluar lagi susah. Padahal kita mesti ambil tempat jauh sebelum loket dibuka kalau mau kebagian tiket untuk jam berikutnya.
  3. Antri saat menunggu masuk tempat pertunjukan juga jadi PR sendiri. Antrinya sekitar 30 menit, dan gerah. Kalau bawa anak-anak, ada enaknya anak keluar dari antrian dulu saja. Baru masuk mendekati jam buka.
  4. Bila datang berombongan lebih dari 5 orang, usahakan mengantri supaya bisa masuk duluan ke tempat pertunjukan (bukan antri tiket). Jadi setelah antri tiket kita masih harus antri lagi untuk masuk ke tempat pertunjukan. Kenapa harus masuk duluan? Supaya dapat tempat duduk yang berdekatan. Kehabisan tempat memang tidak mungkin. Tapi kalau udah penuh, jadinya duduknya terpisah-pisah.
Selamat menjelajah angkasa!