Inilah Keunggulan Bumi Dibanding Venus

Perbandingan Venus (kiri) dan Bumi (kanan), dengan jarak yang diabaikan. Kredit: Planet Foto
Info Astronomy - Bumi dan Venus kadang dianggap sebagai planet kembar. Namun, dibanding Venus, Bumi sebagai tempat manusia berpijak memiliki keunggulan utama sebagai kunci adanya kehidupan: letaknya.

Demikian hasil kesimpulan yang disampaikan sekelompok peneliti Jepang yang mengkaji Bumi dan Venus. Mereka yakni bahwa planet kedua (Venus) dan ketiga (Bumi) dari Matahari mirip seperti planet kembar. Keduanya memiliki elemen dan lingkungan sama. Termasuk lautan magma yang bisa bertahan hingga ratusan juta tahun lamanya.

Tapi Venus yang berjarak 108 juta kilometer dari Matahari, membutuhkan waktu lebih lama untuk dingin dan memadatkan inti planetnya. Ini berkat atmosfer bawahnya yang beruap dan menghabiskan cadangan airnya.

Sementara itu, Bumi yang berjarak sekitar 150 juta kilometer dari Matahari, mendingin lebih cepat sehingga membuatnya masih memiliki air. Kesimpulan ini didapat para peneliti menggunakan model komputer dan diterbitkan dalam jurnal Nature.

Dikatakan pemimpin penelitian, Keiko Hamano, bersama dengan The University of Tokyo, pengkajian ini berakar dari fakta bahwa atmosfer dan interior di planet muda akan berinteraksi satu sama lain. Hamano kemudian menyatukannya dengan studi evolusi planet sebelumnya.

Inilah yang akhirnya melahirkan jawaban mengapa Venus dan Bumi sebagai "zona yang bisa ditinggali" memiliki hasil akhir berbeda.

"Kami ingin meluaskan studi ini untuk mengetahui paramater lain, seperti massa planet, tipe bintang induk, dan komponen gas lainnya yang berdampak pada evolusi awal planet-planet terestrial," kata Hamano seperti dilansir Rabu (29/5).

Peneliti planet Linda Elkins-Tanton bersama The Carnegie Institution for Science, Washington D.C, AS, menyatakan, jarak planet pada bintang induknya hanyalah satu faktor dari kemampuannya menampung kehidupan.

Faktor lainnya adalah memiliki suhu dan kondisi tepat untuk terjadinya air, komposisi, kemampuan lempeng tektonik, dan formasi dari ladang magnet yang protektif.
Inilah Keunggulan Bumi Dibanding Venus Inilah Keunggulan Bumi Dibanding Venus Reviewed by Kontributor on 5/30/2013 08:24:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.