Foto: Inilah Asteroid 1998 QE2 yang Melintas Malam Ini

Asteroid 1998 QE2 berjarak 6 juta kilometer dari Bumi. Kredit: Goldstone Radar Images
Info Astronomy - Asteroid raksasa yang akan melintasi Bumi mulai pukul 00.00 WIB pada tanggal 1 Juni 2013 terlihat memiliki satelit alami seperti Bumi kita memiliki Bulan.

Para peneliti memperoleh beberapa citra radar dari asteroi bernama resmi 1998 QE2 ini pada Rabu, 29 Mei 2013 menggunakan antena radar Deep Space Network di Goldstone, California, Amerika Serikat. Citra itu didapatkan melalui proses selama 2 jam.

Asteroid 1998 QE2 ukurannya sebesar Golden Gate Bridge di Amerika Serikat, diameternya 2,7 kilometer dengan daya ledak 16 juta kali bom Hirosima yang diledakan secara serempak.

Titik terdekat ke permukaan Bumi pada saat perlintasan itu terjadi adalah benua Afrika bagian selatan, tepatnya pada koordinat 20,58 LS 17,17 BT yang terletak di sekitar kota Otjiwarongo, Namibia.

Menurut astronom amatir Ma'rufin Sudbyo, meski melintas dekat asteroid ini takkan jatuh ke Bumi karena tak memiliki potensi untuk berbenturan dengan Bumi. Saat perlintasan dekat ini terjadi asteroid 1998 QE2 akan muncul sebagai bintik redup dengan magnitudo semu antara +10 hingga +11.

Dengan demikian asteroid berpotensi untuk bisa dilihat dengan menggunakan teleskop medium hingga besar, sepanjang langit mendukung (tidak mendung). Melihat dengan mata telanjang? Sulit.

Peluang terbaik terjadi sebelum pukul 00:00 WIB, saat Bulan (dalam fase separuh) masih membayang di kaki langit timur dan baru saja terbit.

Asteroid ini berada dalam medan pandangan Indonesia dengan lintasan di langit bagian selatan hingga pukul 04:00 WIB.