Foto: Gerhana Matahari Sebagian 10 Mei 2013 di Jakarta

GMS 10 Mei 2013 di Jakarta. Kredit: Riza
Info Astronomy - Gerhana Matahari Sebagian yang baru saja terjadi telah memukau siapa saja yang melihatnya. Citra ekslusif dari Matahari yang digerhanai Bulan ini berhasil kami abadikan.

Gerhana Matahari Sebagian ini diabadikan di Jakarta pada hari ini (10/5) pukul 06.03 WIB. Wilayah Jakarta yang pada saat itu gerhana mataharinya hampir selesai karena puncak gerhana terjadi saat matahari belum terbit membuat pengamatan agak sulit.

Lintasan antumbra (bayangan inti) Gerhana Matahari Cincin 10 Mei 2013 ini hanya berada di daratan Australia bagian utara. Hanya di lintasan inilah Matahari terlihat sebagai cincin api saat puncak gerhana.

Sementara zona penumbra (bayangan tambahan) merentang di segenap Australia, sebagian Asia Tenggara (Indonesia dan Filipina) dan perairan Samudera Pasifik. Pada zona penumbra Gerhana Matahari ini hanya akan terlihat sebagai Gerhana Matahari Sebagian.

Di Indonesia zona penumbra mencakup sekitar 80 % luas wilayah negeri ini. Hanya sebagian pulau Sumatra yang mencakup seluruh propinsi Aceh, seluruh propinsi Sumatra Utara, seluruh propinsi Sumatra Barat dan sebagian propinsi Riau saja yang tak tercakup dalam zona penumbra

Bagi yang tidak bisa atau tidak sempat mengamati gerhana matahari pagi tadi, jangan khawatir. Pada November 2013 nanti akan ada gerhana matahari lagi. Stay tune!
Foto: Gerhana Matahari Sebagian 10 Mei 2013 di Jakarta Foto: Gerhana Matahari Sebagian 10 Mei 2013 di Jakarta Reviewed by Kontributor on 5/10/2013 10:41:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.