Bumi Semakin Rusak Karena Ulah Manusia

Mauna Loa Observatory di Hawaii. Kredit: NOAA
Info Astronomi - Pertama kalinya dalam sejarah manusia, konsentrasi karbon dioksida di atmosfer telah mencapai 400 bagian per sejuta (ppm). Hal ini merupakan simbol kuat dari pengaruh manusia tumbuh pada iklim bumi.

Emisi buatan manusia telah menghasilkan karbon dioksida dengan meningkatnya konsentrasi CO2 di atmoisfer dari 270-280 ppm pada 1700 an, meningkat 43 persen. Pengukuran CO2 terperangkap dalam gelembung udara dari inti es di Antartika dengan level tertingginya dalam setidaknya 800 ribu tahun lalu.

Ilmuwan Senior NOAA Pieter Tans mengatakan, kenaikan bukan kejutan bagi para ilmuwan. “Bukti yang meyakinkan bahwa pertumbuhan yang kuat dari emisi CO2 global dari pembakaran batu bara, minyak, dan gas alam mendorong percepatan,” katanya.

Emisi CO2 global meningkat ke rekor tertinggi sebesar 35,6 miliar ton di 2012, naik 2,6 persen dari 2011. Meningkatnya konsentrasi karbon dioksida telah dipantau di Mauna Loa Observatory di Hawaii sejak 1958. Mereka menggunakan pengukuran curve Keeling ikonik, diambil dari nama ilmuwan Charles David Keeling, yang memprakarsai pengukuran. Saat itu, konsentrasi CO2 hanya 316 ppm.

Tingginya karbon dioksida akan meningkatkan dampak dari emisi gas rumah kaca yang mengakibatkan peningkatan suhu bumi yang diakibatkan oleh manusia. Hal ini ditandai dengan meningkatnya iklim dan suhu permukaan air laut.

“Tak ada jaminan bahwa kita akan mengalami tingkat yang sama dari pemanasan di masa depan, jika tingkat CO2 tinggal yang tinggi, tetapi tidak terlihat baik. Juga akan tingkat CO2 berhenti di 400 ppm-pembatasan giliran langsung hampir mustahil dari bahan bakar fosil, emisi CO2 akan terus berkembang secara global, dan konsentrasi CO2 akan terus meningkat,” seperti di tulis majalah Time Bryan Walsh.

Masih ada kesempatan untuk menjaga Bumi kita. Mulai dari menanam pohon di halaman rumah, sadar untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat, hingga mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Ingat, Bumi adalah planet yang kita tumpangi. Ia telah memberi banyak untuk kita, kenapa kita tidak menjaganya?
Bumi Semakin Rusak Karena Ulah Manusia Bumi Semakin Rusak Karena Ulah Manusia Reviewed by Kontributor on 5/12/2013 12:38:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.