Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Akhir Mei, Asteroid Seukuran Golden Gate Bridge Melintas

Akhir Mei, Asteroid Seukuran Golden Gate Bridge Melintas
Jalur lintasan asteroit pada 31 Mei 2013. Kredit: Somedroid
Info Astronomy - Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) baru saja mengumumkan bahwa akan melintasnya asteroid berukuran 27,35 meter atau setara dengan ukuran Gloden Gate Bridge di AS.

Asteroid ini tidak membahayakan Bumi saat melintasnya pada 31 Mei 2013 mendatang karena jaraknya 15 kali jarak Bumi ke Bulan atau sama dengan 3,6 juta mil.

1998 E2 adalah nama resmi dari asteroid ini. NASA belum bisa memvisualisasikan bagaimana bentuknya dengan menggunakan teleskop radar hingga saat ini.

“Kami berharap bisa mendapatkan serangkaian gambar yang dapat mengungkap permukaan asteroid dengan kamera beresolusi tinggi. Sebab setiap ada asteroid yang mendekati Bumi, itu merupakan kesempatan bagi para ilmuwan untuk mempelajari asal-usulnya secara detil,” jelas astronom di Laboratorium Jet Propulsi NASA, Lance Benner.

Sayangnya, asteroid yang akan melintasi Bumi ini tidak dapat dilihat oleh orang awam dengan mata telanjang. Penyebabnya adalah, karena jaraknya yang sangat jauh.

Jadi bagi yang ingin melihat seperti apa asteroid 1998 E2 tersebut, harus bersabar menunggu foto yang akan dirilis oleh teleskop NASA antara 30 Mei sampai 9 Juni mendatang.

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.