5 Komet Terindah yang Pernah Melintasi Bumi

Komet Ikeya-Seki. Kredit: Shockwavenor
Info Astronomy - Dari awal terbentuknya Bumi hingga Anda membaca tulisan ini, komet-komet besar ataupun kecil telah sering melewati Bumi. Namun, tahukah Anda apa saja komet-komet terindah yang pernah lewat di langit Bumi?

Berikut 5 daftar komet terindah yang mungkin bisa Anda lihat lagi. Mungkin.

1. Komet Halley


Komet Halley adalah suatu komet yang terlihat dari bumi setiap 75-76 tahun. Secara resmi diberi nama 1P/Halley, nama umumnya diberikan menurut nama Edmund Halley. Komet ini merupakan komet paling terkenal di antara komet-komet periodik lainnya. Walaupun pada setiap abad banyak komet berperiode panjang yang muncul dengan lebih terang dan dahsyat, Halley adalah satu-satunya komet dengan periode pendek yang tampak dengan mata telanjang, dan karenanya merupakan komet yang tampak dengan mata telanjang yang pasti kembali dalam rentang umur manusia. Kemunculannya sepanjang sejarah memiliki pengaruh yang besar terhadap sejarah manusia, walaupun penampakannya tidak dikenali sebagai obyek yang sama sampai abad ke-17. Komet Halley terakhir muncul di tata surya pada tahun 1986, dan akan muncul kembali pada pertengahan 2061.

2. Komet McNaught


Komet McNaught, Great Comet of 2007, atau C/2006 P1 adalah sebuah komet non-periodik yang ditemukan pada 7 Agustus 2006 oleh astronom Robert H. McNaught. Komet ini mencapai perihelion pada 12 Januari 2007, dan dapat dilihat dengan mata telanjang di belahan bumi selatan dengan ekor yang memanjang seperti foto di atas.

3. Komet Hyakutake


Komet Hyakutake (C/1996 B2) adalah sebuah komet yang ditemukan pada 30 Januari 1996 oleh seorang pengamat astronomi amatir asal Jepang, Yuji Hyakutake. Komet ini melintasi Bumi dalam jarak yang sangat dekat pada Maret tahun tersebut (paling dekat pada 25 Maret), salah satu lintasan komet yang terdekat dalam 200 tahun, sehingga tampak terang dan dapat dilihat oleh banyak orang di sepanjang dunia. Sebelum perjalanannya melewati tata surya, periode orbitnya mencapai sekitar 15.000 tahun, namun pengaruh gravitasi dari planet-planet raksasa (atau "raksasa gas," yang terdiri dari Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus) telah meningkatkannya hingga 72.000 tahun.

4. Komet Ikeya Seki


Dua astronom Jepang bernama Kaoru Ikeya dan Tsutomu Seki menemukan benda angkasa ini pada tanggal 18 September 1965. Komet Ikeya Seki yang memiliki kode C/1965 S1 ini betul betul menampakkan diri tepat dengan prediksi dan merupakan komet nomor empat yang paling terang dalam sejarah dunia. Panjang ekornya mencapai ukuran sepanjang 112.654.080 kilometer. Orbit Komet Ikeya Seki panjang sekali sehingga tidak akan kembali mendekati bumi kita sebelum tahun 2565.

5. Komet Pan-STARRS


Komet Pan-Starrs adalah komet non periodik yang ditemukan pada bulan Juni 20122 menggunakan teleskop Pan-STARRS di Maui, Hawaii. Komet ini mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi pada Selasa 5 Maret 2013 lalu. Komet ini adalah komet pertama yang muncul pada tahun 2013. Seluruh orang di dunia berburu untuk mendapatkan citra komet Pan-STARRS yang memiliki ekor menyerupai sapu ini.

Catatan: Foto-foto di atas adalah asli dan telah mendapat izin untuk dipublikasikan.
5 Komet Terindah yang Pernah Melintasi Bumi 5 Komet Terindah yang Pernah Melintasi Bumi Reviewed by Kontributor on 5/18/2013 09:08:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.