Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Sirius, Bintang Biner Tercemerlang di Langit Malam

Sirius, Bintang Biner Tercemerlang di Langit Malam
Sirius A dan Sirius B. Kredit: Space Daily
Info Astronomy — Sirius adalah bintang biner atau ganda paling cemerlang di langit malam. Dengan magnitudo tampak -1.46, hampir dua kali lebih terang seperti Canopus, bintang paling terang berikutnya. Nama "Sirius" berasal dari bahasa Yunani Kuno: Seirios atau Σείριος ("bersinar" atau "scorcher").

Bintang ini memiliki penunjukan Bayer Alpha Canis Majoris (α CMa). Bintang ini jika diamati dengan mata dari Bumi akan seperti 1 bintang, namun kenyataannya ia merupakan bintang ganda yang terdiri dari bintang deret utama putih A1V tipe spektral, disebut Sirius A, dan pendamping kerdil putih samar tipe spektral DA2, disebut Sirius B. jarak yang memisahkan Sirius A dari pendamping bervariasi antara 8,1 SA hingga 31,5 SA (1 SA = 150.000.000 kilometer).

Sirius muncul sebagai bintang paling cemerlang karena dari kedua luminositas intrinsik dan kedekatannya dengan Bumi. Ia terletak pada jarak 2,6 parsec (8,6 tahun cahaya), sebagaimana ditentukan oleh satelit astrometri Hipparcos, sistem Sirius adalah salah satu tetangga dekat Bumi, menjadikannya bintang terdekat (setelah Matahari) yang dapat dilihat dengan mata telanjang.

secara bertahap Sirius bergerak lebih dekat ke Tata Surya, sehingga akan sedikit meningkat dalam kecerahan selama 60.000 tahun ke depan. Setelah saat itu jarak akan mulai stabil, tapi akan terus menjadi bintang paling terang di langit bumi selama 210.000 tahun ke depan.

Sirius A adalah sekitar dua kali massa Matahari dan memiliki magnitudo mutlak 1,42. Ini adalah 25 kali lebih cemerlang dari Matahari namun memiliki luminositas signifikan lebih rendah dari bintang terang lainnya seperti Canopus atau Rigel. [Space Daily]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.