Ingin Melihat Komet? Ayo Coba Buat Komet Sendiri!

Gumpalan "Komet". Kredit: NASA
Info Astronomy — Komet atau orang Jawa bilang lintang kemukus adalah sebuah objek luar angkasa yang memiliki ekor. Komet terakhir yang mengunjungi Bumi adalah Komet Pan-STARRS pada Maret 2013 lalu.

Pernahkah Anda berpikir untuk membuat komet sendiri? Mungkin Anda akan berpikir hal itu tidak mungkin. Ya, Anda benar, tidak mungkin kita menciptakan komet dalam arti yang sebenarnya.

Di tulisan ini, kami ingin mempublikasikan (ulang) cara membuat komet yang dikutip dari laman resmi Lembaga Anatariksa Amerika Serikat (NASA).

Alat dan Bahan:
  • ± 3 kg dry ice atau batu karbon dioksida yang sudah dihancurkan kecil-kecil.
  • Wadah tertutup, untuk tempat dry ice.
  • Sarung tangan tebal, untuk memegang dry ice.
  • Palu (kayu), untuk menghancurkan dry ice.
  • Mangkuk plastik besar.
  • Handuk.
  • Beberapa tas plastik besar.
  • Nampan rata.
  • 1 liter air (biasa).
  • 2 cangkir bahan-bahan kotor / sampah (singkirkan ranting dan kerikil).
  • 1 sendok makan tepung kanji, untuk menyatukan bahan-bahan.
  • 1 sendok makan soda atau sirup, sebagai bahan organik.
  • 1 sendok makan cuka, sebagai asam amino.
  • 1 sendok makan alkohol.
  • Pengering rambut (hair dryer).
  • Senter.
Cara “Membuat”:
1.      Hancurkan dry ice. Angkat dry ice (tangan memakai sarung tangan tebal). Taruh dry ice pada handuk.
[Dry ice bisa dibeli dalam bentuk balok atau yang berukuran kecil-kecil. 3 kg dry ice akan mampat setelah beberapa jam. Bila belum hancur, gunakan palu untuk menghancurkannya menjadi kecil-kecil. Setelah hancur, usahakan dry ice tetap beku]. Simpan kembali dry ice dalam wadah tertutup. Dry ice bisa “berloncatan” ke mana-mana saat dihancurkan, atau saat air ditambahkan. Sehingga, sarung tangan tebal benar-benar sangat diperlukan. Perhatikan juga jarak tubuh dari dry ice saat menghancurkannya, supaya tidak terkena “loncatan” dry ice.

2.      Lapisi mangkuk dengan kantong plastik.

3.      Masukkan 1 liter air, sampah, tepung kanji, soda, cuka, dan alkohol ke mangkuk. Komet mengandung banyak es dan air. Sampah sebagai debu, mineral, dan air; tepung kanji untuk menyatukan bahan-bahan; soda sebagai bahan organik dan “menggelapkan” komet; cuka sebagai asam amino; dan alkohol sebagai methanol. Alkohol tidak boleh dipakai terlalu banyak karena alkohol bersifat anti beku.

4.      Campurkan semua bahan dan aduk dalam dry ice. Tidak perlu khawatir dry ice terhirup, karena tidak berbahaya. “Awan” putih yang keluar hanya merupakan zat lembab dalam udara yang dikeluarkan gas yang keluar dari dry ice.

Gas dari dry ice
5.      Setelah semua dry ice dimasukkan ke mangkuk, ambil kantong yang berisi campuran bahan tadi, masukkan ke mangkuk dry ice untuk membentuk gumpalan besar. Tambahkan air secukupnya. Campuran ini akan mulai mengeras saat dry ice membekukan air. Kita bisa merasakan terbentuknya gumpalan dalam kantong plastik. Bila gumpalan tersebut tidak menyatu sepenuhnya, tambahkan lagi air. Proses ini membutuhkan sedikit keahlian. Namun, lama-lama juga akan terbiasa.

6.      Setelah gumpalan terbentuk, keluarkan dari kantong plastik. Gas akan terlihat keluar dari ‘komet’.

Gumpalan "komet"
7.      Untuk membuat model komet ini terlihat benar-benar seperti komet asli, sorotkan senter dan arahkan hair dryer pada komet. Senter sebagai Matahari dan hair dryer sebagai angin Matahari. Jet akan terlihat keluar dari komet saat panas dari hair dryer mendorong gas keluar.

Untuk menghancurkan “komet”, rendam dan biarkan meleleh. Selamat bereksperimen!