Foto: Yuk Amati Hujan Meteor Lyrid Tengah Malam Ini!

Hujan Meteor Lyrid di Konstelasi Lyra. Kredit: Stellarium
Info Astronomy — Hujan Meteor Lyrid 2013 akan segera kita amati puncaknya tengah malam (22/4) nanti. Hujan meteor adalah fenomena banyaknya "bintang jatuh" yang melintasi langit.

Hujan meteor Lyrid akan terjadi di langit timur dan terus bergerak ke langit tengah sampai esok pagi pukul 05.30 waktu lokal.

Berikut foto-foto bagaimana cara mengamati hujan meteor Lyrid malam ini:

Pada pukul 19.00 waktu lokal 21 April 2013, di langit tengah masih ada Bulan dan di langit timur belum terlihat adanya konstelasi Lyra (radian hujan meteor Lyrid). Pada jam ini, Anda dapat mengamati Planet Saturnus di langit timur yang nampak seperti bintang kuning terang.

Berbeda dengan diamati menggunakan teleskop, Planet Saturnus akan menunjukan kepada Anda pesonanya. Cincinnya yang megah dapat Anda amati bila menggunakan teleskop untuk mengamatinya.

Akhirnya, pada pukul 00.00 waktu lokal 22 April 2013 konstelasi Lyra sudah muncul di ufuk timur agak ke utara. Dalam foto sudah kami lingkari. Di konstelasi Lyra ada bintang Vega, bintang paling terang pada konstelasi itu.

Dengan adanya Vega, Anda akan menjadi lebih mudah menemukan konstelasi Lyra. Bulan yang pada saat yang sama akan tenggelam akan membuat pengamatan hujan meteor Lyrid menjadi lebih baik.

Foto di atas adalah zoom-in dari konstelasi Lyra dan garis-garis panah merah adalah arah bergeraknya meteor-meteor pada hujan meteor Lyrid. Anda tidak perlu menggunakan teleskop dalam pengamatan ini, cukup dengan mata telanjang saja.

Yang perlu diperhatikan adalah cerah atau tidaknya langit di daerah Anda, karena langit bersih tanpa polusi dan cahaya lampu kota akan jauh lebih mudah menemukan meteor-meteor yang lewat dengan cepatnya. Selamat mengamati!