Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Bintik Matahari Raksasa Menjauhi Bumi

Bintik Matahari Raksasa Menjauhi Bumi
AR1726. Kredit: SpaceWeather.com
Info Astronomy — Bintik Matahari AR1726 telah bergerak menjauh dari Bumi, namun ancaman flare ke Bumi tidak mereda begitu saja karena hal ini.

Bintik Matahari memiliki medan magnet kelas delta yang melupakan pelabuhan energi untuk letusan kuat. NOAA memperkirakan kesempatan 40% dari flare kelas-M dan kesempatan 15% dari flare-X pada 25 April.

Astronom amatir Alan Friedman memotret bintik Matahari pada 23 April 2013 lalu. Teleskop H-alpha miliknya, disetel untuk memfliterisasi cahaya merah dari gas hidrogen Matahari, mengungkapkan daerah aktif yang mendidih membentang lebih dari 125.000 kilometer atau sama dengan 10 kali Bumi.

"Citra berukuran penuh ini mengingatkan saya pada sebuah jeruk Clementine," kata Friedman.

Ukuran yang aneh dari bintik Matahari tersebut membuatnya menjadi hal yang menarik untuk diamati dengan teleskop surya miliknya di halaman belakang rumahnya.

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.