Wahana Antariksa STEREO-B Mengambil Citra Komet Pan-STARRS

Info Astronomy — Pada 10 Maret 2013 lalu, Komet Pan-STARRS mendekati Matahari lebih dekat dari orbit Planet Merkurius. Pendekatan tersebut teramati oleh wahana antariksa NASA STEREO-B.

Matahari, Bumi, dan komet ditandai di citra beresolusi rendah dari kamera Heliospheric Imager milik STEREO-B.

Komet Pan-STARRS sangat cemerlang. Luminositas komet berasal dari ekor debunya. Observasi di Bumi menunjukan jika Pan-STARRS lebih banyak debu dari komet pada umumnya.

STEREO sendiri adalah Solar Terrestrial Relations Observatory, adalah sebuah misi pengamatan Matahari. Dua wahana antariksa (STEREO-A dan STEREO-B) yang hampir sama diluncurkan ke orbit yang membuat mereka menarik lebih jauh ke depan dan jatuh secara bertahap di belakang Bumi. Hal ini akan memungkinkan pencitraan stereoskopis Matahari dan fenomena Matahari. [spaceweather]