Star Party HAAJ Diikuti Ratusan Peserta


Info Astronomy — Gedung Gymnasium di Institut Pertanian Bogor (IPB), Sabtu (2/03/2013), tampak lebih semarak daripada hari-hari biasanya. Ratusan orang berkumpul di sini untuk mengikuti Global Star Party yang diselenggarakan Himpunan Astronom Amatri Jakarta (HAAJ).

Dilansir Kompas.com, “Kegiatan Star Party merupakan kegiatan rutin tiga bulanan HAAJ yang sudah diselenggarakan sejak HAAJ berdiri tahun 1984. Para astronom amatir, penyuka astronomi, dan anggota HAAJ berkumpul di suatu tempat untuk melakukan pengamatan bintang bersama-sama,” kata Muhammad Rayhan, Ketua HAAJ.

“Untuk efektifitas kegiatan saat pengamatan di lapangan, kegiatan Star Party biasanya dikhususkan untuk anggota HAAJ dan astronom amatir. Namun, khusus StarParty 1, tiap tahunnya, kegiatan ini kami buka untuk umum,” tambahnya.

Rayhan menjelaskan tujuan Star Party 1 tak lain untuk memperkenalkan dunia astronomi kepada khalayak luas. Sasaran dari kegiatan ini tak hanya pehobi astronomi saja, tetapi juga mencakup orang-orang yang baru memiliki minat untuk mengenal ilmu yang menyelidiki berbagai benda langit ini.

Star party kali ini diramaikan oleh 335 peserta. Mereka adalah pelajar sekolah menengah dari berbagai daerah, mulai Bogor sendiri hingga Probolinngo. Tak ketinggalan, ada pula orang tua dan anak-anak yang ikut serta.

Khusus untuk anak-anak, HAAJ menyediakan ruang khusus bernama Kids Corner. Dalam ruangan itu, anak-anak diajak bermain dengan potongan-potongan kertas yang bertemakan benda langit untuk mengenal astronomi.

“Mereka diajak untuk berimajinasi dan mengenal berbagai benda langit, tentunya dengan cara yang ringan dan menyenangkan,” papar Indra Firdaus, humas HAAJ.

Di Star Party kali ini, peserta mendapatkan pengetahuan tentang rasi bintang. Peserta juga berhasil mengidentifikasi NGC 4755, open cluster M7, open cluster M6, globular cluster Omega Centauri, Nebula M20, Nebula M8, Jupiter dan Saturnus, beberapa satelit, dan bintik Matahari.
Star Party HAAJ Diikuti Ratusan Peserta Star Party HAAJ Diikuti Ratusan Peserta Reviewed by Kontributor on 3/04/2013 08:49:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.