Planet Jupiter Bertemu Bulan Sabit Malam Ini


Info Astronomy — Pertemuan satelit alam milik Bumi, Bulan, dengan Planet Jupiter terjadi lagi. Fenomena ini bernama okultasi. Di mana Bulan akan 'menutupi' Jupiter.

Istilah sederhananya, dalam astronomi okultasi adalah tertutupnya benda langit berdiameter kecil oleh benda langit berdiameter besar yang tentunya jika diamati dari Bumi.

Hampir tiap bulan terjadi okultasi Jupiter oleh Bulan, namun di setiap tempat tidak akan sama pengamatannya. Malam ini (17/7) wilayah Amerika Utara yang dapat mengamati okultasi.

Pengamat di belahan timur Bumi – Eropa, Afrika, Asia, Australia dan Selandia Baru – tidak dapat mengamati peristiwa okultasi Jupiter oleh Bulan malam ini. Kita hanya akan melihat Bulan yang berdekatan dengan Jupiter.

Tips

Carilah Bulan yang malam ini dalam fase Bulan Sabit di langit tengah. Dengan menemukan Bulan, Anda dapat dengan mudah menemui Planet Jupiter.

Penampakan Planet Jupiter berbeda dari bintang lainnya, ia akan bersinar paling cemerlang dengan cahaya kuning keputihan dan tidak berkerlap-kerlip.

Anda dapat mengamatinya dengan mata telanjang. Pengamatan dengan binokuler atau teleskop mungkin bisa lebih menarik. Selamat mengamati!

Foto: Earthsky.org
Planet Jupiter Bertemu Bulan Sabit Malam Ini Planet Jupiter Bertemu Bulan Sabit Malam Ini Reviewed by Kontributor on 3/17/2013 12:21:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.