Meteor Seterang Bulan Purnama Melintasi Manhattan

Info Astronomy — Tadi malam (waktu Amerika) sebuah meteor yang cemerlang itu terlihat naik dan turun di pertengahan Atlantik utara Amerika Serikat dari Maryland ke Manhattan lalu ke Massachusetts.

Melesat di langit tepat sebelum 8 pm EDT 23 Maret 2013 (07.00 WIB 24 Maret 2013), bola api itu disaksikan oleh ribuan orang - Meteor Society Amerika sendiri sejauh ini telah menerima lebih dari 630 laporan di situsnya dari fenomena tersebut.

Sementara gambar palsu dari meteor ini yang dengan cepat mulai beredar secara online, foto di atas adalah asli - dipotret dari kamera keamanan di Thurmont, MD.

Jadi ada apa dengan semua meteor yang mengunjungi Bumi belakangan ini?

Menurut ahli meteor NASA, Bill Cooke, bola api Jumat - yang telah dikenal sebagai "meteor Manhattan" - ini kemungkinan disebabkan oleh asteroid berukuran sekitar 3 kaki (0,9 meter) yang memasuki atmosfer bumi. Sementara bola api ukuran ini kadang-kadang menghasilkan meteorit yang mendarat di tanah, laporan terakhir dari meteor Manhattan disintegrasi mungkin berakhir di samudera Atlantik.

Kabarnya, meteor Manhattan ini seterang Bulan Purnama saat ia melintas. Meteor Manhattan memasuki atmosfer planet kita di timur Pennsylvania pada Jumat (22/3) dan melesat dari arah tenggara, menyala di atas Samudera Atlantik.

"Para saksi mata menunjukkan bahwa meteor ini terakhir terlihat sekitar 70 kilometer ke Atlantik, jadi saya tidak percaya ada meteorit yang jatuh ke tanah dari fenomena ini," kata Cooke.