Komet Pan-STARRS Akan Meluncur ke Galaksi Andromeda

Komet C/2011 L4 Pan-STARRS, diambil dari New Mexico pada tanggal 25 Maret 2013. Kredit: Joseph Brimacombe
Info Astronomy — Bersiap untuk pertemuan komet jenis ekstragalaksi. Dalam waktu kurang dari seminggu, Komet Pan-STARRS akan meluncur ke Galaksi Andromeda, galaksi paling terang terlihat di langit belahan bumi utara. 

Pada dan di sekitar tanggal itu, Anda akan dapat melihat mereka berdua bersama-sama bersinar lembut di malam hari dan senja pagi.

Komet akan menjadi 195 juta kilometer dari Bumi pada tanggal tersebut dibandingkan dengan 2,5 miliar tahun cahaya dari Andromeda. 195 juta kilometer setara dengan 0,00002 tahun cahaya. 

Penjajaran mereka akan membuat hal yang menyenangkan jika diamati dengan teleskop serta menawarkan kesempatan untuk para astrofotografer dalam menciptakan citra klasik.

Komet telah memudar jauh sejak pertama kali muncul ke senja malam tiga minggu lalu. Kepalanya sekarang bersinar di sekitar magnitudo 3,5 dan terasa samar daripada bintang-bintang Biduk. 

Sebagai kompensasi, Pan-STARRS sekarang lebih mudah untuk ditemukan, karena itu baik naik lebih tinggi di langit dan dekat serangkaian bintang cukup terang di konstelasi Andromeda.
Komet Pan-STARRS Akan Meluncur ke Galaksi Andromeda Komet Pan-STARRS Akan Meluncur ke Galaksi Andromeda Reviewed by Kontributor on 3/31/2013 09:05:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.