Kesempatan Masih Ada Untuk Mengamati Komet Pan-STARRS


Info Astronomy — Anda belum berhasil juga dalam memburu komet Pan-STARRS? Jangan dulu kecewa, karena masih ada momen terbaik kedua, selain tanggal 10 Maret lalu, dalam mengamati komet ini.

Waktu terbaik itu adalah pada tanggal 13 Maret 2013 nanti saat di dekat komet Pan-STARRS ada bulan sabit dan diperkirakan ekor komet akan melengkung sampai ke dekat posisi bulan sabit berada. Akan menjadi foto yang indah jika saatnya nanti Anda bisa memotret keduanya dalam satu citra.

Minggu-minggu ini penduduk Bumi kedatangan salah satu komet paling terang dan ditunggu di tahun ini, yaitu komet C/2011 L4 atau lebih dikenal dengan nama komet Pan-STARRS. Komet yang pertama kali ditemukan oleh tim astronom di Hawaii, Amerika Serikat dengan teleskop Pan-STARRS pada Juni 2011 ini, berada di dekat Matahari pada 10 Maret 2013 dengan tingkat kecerlangan 0,53 magnitudo.

Dilansir blog astronom amatir Rukman Nugraha, dengan tigkat kecerlangan yang hampir setara dengan bintang Betelgeuse di rasi Orion itu, menjadikan komet ini dapat diamati dengan mata tanpa bantuan alat. Selain itu, diperkirakan juga komet ini memiliki periode 110.000 tahun sehingga mengamati komet ini pada saat ini bisa jadi merupakan kesempatan emas yang hanya terjadi sekali seumur hidup.

Di Indonesia, waktu terbaik untuk mengamati komet ini adalah sejak 8 Maret awal hingga 16 Maret 2013. Pada tanggal-tanggal tersebut, komet ini cukup tinggi dan cerlang hingga dapat disaksikan pada petang hari setelah Matahari terbenam hingga sekitar sejam setelahnya. Meskipun komet ini telah melewati titik perihelionnya pada 10 Maret lalu, masih ada kesempatan bagi para pemburu komet di Indonesia hingga akhir minggu ini, khususnya hingga tanggal 13 nanti.

Pada hari ini (11/3/2013), posisi komet ini sudah berada sekitar empat derajat sebelah Utara posisi terbenam Matahari dengan ketinggian sekitar 15 derajat. Ekor kometnya yang indah akan tampak menjulang ke atas dan agak ke Utara dengan dengan panjang bisa mencapai sekitar lima derajat. Adapun tingkat kecerlangan kometnya sekitar 0,57, yang hanya sedikit di bawah saat komet ini di perihelionnya. Pada tanggal ini posisi komet PanSTARRS berada di rasi Cetus.

Di bawah komet, sekitar 7 derajat, ada objek berwarna merah menyala yang saat ini banyak dikaji sebagai "rumah masa depan" manusia, yaitu planet Mars.

Keesokan harinya, yaitu tanggal 12 Maret, pemburu komet akan disuguhi juga dengan fenomena lain, yaitu bulan sabit paling tipis dan lebih dikenal dengan nama Hilal. Pada tanggal ini, posisi komet adalah pada ketinggian sekitar 14 derajat dan berada di sebelah Utara posisi Matahari terbenam sekitar enam derajat, dengan tingkat kecerlangan sebesar 0,67 magnitudo. Dari posisi komet, Hilal tersebut berada sekitar sepuluh derajat di bawah komet dan sekitar dua derajat di sebelah Utaranya. Karena itu, jika dimungkinkan, pada tanggal ini komet Pan-STARRS, Hilal dan planet Mars dapat dipotret dalam satu citra yang sama.

Jika hal di atas tidak dapat dilakukan, keesokan harinya kesempatan yang lebih baik akan hadir. Pada tanggal 13 Maret, bulan sabit sudah cukup tinggi, yaitu sekitar 14,5 derajat dan akan berada di sebelah Utara dan atas komet. Posisi komet sendiri pada saat Matahari terbenam sudah sedikit menurun dibanding hari sebelumnya, yaitu sekitar 13,5 derajat, dan sudah semakin jauh di sebelah Utara dibandingkan posisi terbenam Matahari pada hari itu, yaitu sekitar 8 derajat. Adapun kecerlangan kometnya menjadi 0,8 magnitudo. Pada hari inilah kesempatan terbaik untuk merekam citra komet dan bulan sabit dalam satu citra yang sama, mengingat ekor kometnya diperkirakan akan melengkung sampai ke dekat posisi bulan sabit berada. [Rukman Nugraha]
Kesempatan Masih Ada Untuk Mengamati Komet Pan-STARRS Kesempatan Masih Ada Untuk Mengamati Komet Pan-STARRS Reviewed by Kontributor on 3/11/2013 04:38:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.