Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Fenomena Sun Outage Mengganggu Jaringan Internet

Fenomena Sun Outage Mengganggu Jaringan Internet
Sun Outage. Kredit: Goanand


Info Astronomy — Fenomena terkait Matahari bisa mengakibatkan gangguan komunikasi. Salah satunya adalah "Sun Outage".

Thomas Djamaluddin, astrofikawan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menuturkan, "Sun outage terjadi karena adanya interferensi radiasi Matahari, karena Matahari, satelit, dan Bumi berada pada satu garis lurus."

Menurut Thomas, sun outage terjadi hanya beberapa menit ketika sinyal dari satelit geostasioner terganggu oleh sinyal Matahari yang jauh lebih kuat.

Thomas menjelaskan, "Gangguan akibat sun outage bisa terjadi pada siaran televisi satelit, jaringan komunikasi telepon, atau komunikasi data lewat internet."

Fenomena sun outage adalah fenomena tahunan biasa. Fenomena ini terjadi saat Matahari akibat gerak semunya berada di khatulistiwa, sekitar tanggal 20 Maret dan 23 September setiap tahunnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Anambas, Khairul Syahadat, mengungkapkan bahwa pada tahun ini, sun outage bisa mengakibatkan gangguan komunikasi antara akhir Maret hingga 23 April 2013.

"Intinya, jaringan internet akan mengalami gangguan selama 1 menit hingga 40 menit, yaitu kisaran pukul 11.00 hingga 12.15," papar Khairul.

Atas kemungkinan yang bisa terjadi, Khairul mengimbau masyarakat untuk bersabar dalam menggunakan jaringan internet. Ia mengatakan, masyarakat bisa memanfaatkan waktu di luar saat potensial terjadi gangguan.

Thomas mengatakan, masyarakat tak perlu menanggapi sun outage berlebihan. "Ini sudah peristiwa setiap tahun dan setiap operator telekomunikasi sudah mengantisipasi," katanya.

Sementara itu, pengguna internet yang berlangganan layanan dari beberapa operator seluler sempat mengalami gangguan koneksi. Apakah gangguan tersebut terkait dengan fenomena sun outage yang terjadi saat ini?

Sejauh ini, keterangan yang dihimpun hari ini tak menunjukkan hubungan gangguan koneksi internet dan sun outage. Konfirmasi dari operator Smartfren menyatakan bahwa gangguan komunikasi terjadi akibat putusnya kabel bawah laut disekitar Pulau Bangka dan Batam. Dua jalur komunikasi lain, di Trans Sumatera dan jalur timur, juga putus. [Kompas]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.