Dua Komet Menghiasi Langit Senja Hari Ini

Info Astronomy — Sore ini akan menampakan dirinya di langit barat, inilah Komet Lemmon (C/2012 F6), yang diberi nama sesuai dengan saat penemuannya tahun lalu sebagai bagian dari Survei Mount Lemmon (Arizona).

Tampak lebih terang dari yang diperkirakan tetapi masih berada di luar jangkauan mata telanjang. Komet Lemmon berwarna kehijau-hijauan berasal dari gas C2 diatomik pada comanya yang berpendar di bawah sinar matahari.

Menurut astronom amatir Ma'rufin Sudibyo di akun Facebook-nya, saat senja 1 Maret 2013 ini Komet Lemmon berada di ketinggian 10 derajat di langit barat dan bermagnitudo +4, cukup redup bila diamati dengan mata telanjang kecuali menggunakan binokuler atau kamera DSLR.

Saat bergerak ke utara, komet ini akan menjadi lebih terang, dan mencapai puncaknya (magnitudo +3 atau lebih) saat berada pada posisi paling dekat dengan Matahari di akhir bulan Maret. Lalu pada awal bulan April, seharusnya komet sudah mulai terlihat di belahan bumi utara.

Selain itu, bagi Anda yang pemandangan langit baratnya tidak terhalang gedung dapat mengamati Komet Pan-STARRS seperti pada citra di atas (Komet Lemmon di kanan, Komet Pan-STARRS di kiri). Tentu saja, tahun ini beberapa komet cantik yang bisa dilihat karena para pengamat langit di planet Bumi juga tengah menanti-nantikan kemunculan Komet ISON (mulai pertengahan November). [apodid, Ma'rufin]