Besok, Asteroid 2013 EC Akan Memintas Dekat Bumi

Baru Ditemukan, Asteroid 2013 CE yang Mendekati Bumi Besok

Info Astronomy — Asteroid 2013 EC, anggota kelas Apollo, memiliki diameter antara 5 hingga 17 meter, baru ditemukan 2 Maret 2013 lalu lewat Mt. Lemmon Survey di Observatorium Mt. Lemmon, Arizona, Amerika Serikat.

Asteroid ini bakal memintas dekat Bumi pada Senin 4 Maret 2013 pukul 14:34 WIB dengan jarak pemintasan 396.000 kilometer atau setara dengan 96% jarak rata-rata Bumi-Bulan dengan titik terdekat ke permukaan Bumi adalah Samudera Pasifik lepas pantai timur Selandia Baru.

Namun demikian, asteroid ini tidak akan jatuh ke Bumi karena tak ada potensinya untuk berbenturan dengan Bumi.

Asteroid ini akan memiliki magnitudo semu sekitar +18 saat pemintasan dekat, artinya asteroid 2013 CE sulit untuk dapat dilihat meskipun telah menggunakan teleskop kecil.

Elemen orbital bersumber dari IAU Minor Planet Center yang diaplikasikan pada Starry Night. Peta bersumber dari Sky View Cafe dengan situasi terang-gelap (terang = siang hari, gelap = malam hari) dipaskan pada 4 Maret 2013 pukul 14:34 WIB. [Ma'rufin Sudibyo]