Asteroid Sebesar Bus Kota Akan Melintasi Bumi Malam Ini

Info Astronomy — Bumi masih mendapat kunjungan batu luar angkasa pada Maret 2013, jumlahnya semakin banyak karena memang diamati pergerakannya akhir-akhir ini.

Batu luar angkasa itu adalah Asteroid, pernah disebut sebagai planet minor atau planetoid, adalah benda berukuran lebih kecil daripada planet, tetapi lebih besar daripada meteoroid, umumnya terdapat di bagian dalam Tata Surya (lebih dalam dari orbit planet Neptunus). Asteroid berbeda dengan komet dari penampakan visualnya. Komet menampakkan koma (ekor) sementara asteroid tidak.

Hari ini, 14 Maret 2013, giliran Asteroid 2013 EA29 yang mengunjungi Bumi kita. Ia melewati Bumi pada 14 Maret 2013 pada 16:40 UT atau 23:40 WIB. Berjarak 3.53 kali (1 kali=384.400 kilometer) jarak Bumi ke Bulan. Asteroid ini berukuran 10-33 meter.

Ditemukan pertama kali pada pengamatan di Pan-STARRS Observatory, Haleakala, Hawaii, Amerika Serikat pada 5 Maret 2013. Dan pengamatan terakhir dilakukan di Great Shefford, Inggris pada 11 Maret 2013. Saat pengamatan di Great Shefford, asteroid ini memiliki magnitudo 18,8. Sangat redup jika diamati dengan mata telanjang.

Asteroid 2013 EA28 tidak memiliki potensi untuk menabrak Bumi. Pengamatan akan sulit dilakukan dengan mata telanjang karena ia terlalu redup. Planet Katai Pluto saja yang memiliki magnitudo 13,65 sangat sulit diamati dengan mata telanjang. Penggunaan teleskop yang canggih mungkin dapat membantu Anda. [MPC]