Asteroid Apophis Dipastikan Tidak Menabrak Bumi di 2036


Info Astronomy — Melewati jarak 9 juta mil dari Bumi pada 2 bulan yang lalu, para peneliti telah melacak asteroid ini sejak penemuannya pada tahun 2004. Beberapa ilmuwan ada yang mengatakan bahwa ada 2,7 persen kemungkinan bahwa asteroid itu bisa menghantam Bumi, tapi sekarang mereka semua mengatakan itu tidak akan terjadi.

Namanya asteroid Apophis, adalah nama tokoh baik untuk karakter SG-1 Stargate, dan nama dewa Mesir jahat yang diwujudkan dalam kegelapan dan kekacauan. Nama menegaskan bahwa astronom melihat persis apa yang Anda akan tebak, dan bahwa asteroid ini adalah pengunjung mengancam yang cantik.

Berdiameter 1050 meter, Apophis memiliki kekuatan luar biasa yang setara dengan 850 ton TNT. Ini adalah 4 kali lebih dahsyat dari energi yang dilepaskan Gunung Krakatau ketika meletus di Indonesia pada tahun 1883.

Para ilmuwan memiliki proyeksi asteroid yang kemungkinan besar menghantam Bumi di Samudra Pasifik atau di lepas pantai Amerika Utara, berpotensi menyebabkan tsunami setinggi 30 meter di California Selatan. Ini adalah kekacauan sementara yang mungkin terdengar lebih baik dari kepunahan massal.

Berita terbaik adalah mendengar bahwa kita bahkan tidak perlu khawatir tentang itu. Faktanya, 2036 Apophis tidak akan datang ke Bumi. Karena tujuh tahun sebelumnya, pada tanggal 13 April 2029, asteroid itu akan melewati 19.400 mil di atas permukaan Bumi.

Dengan kedatangan yang begitu dekat ke Bumi, maka akan mengganggu rotasi Apophis, menyebabkan ia melintasi jalur orbit Bumi mengelilingi matahari.

Perubahan rotasi Apophis ini dapat menyebabkan ia berubah bentuk atau bahkan pecah. Para ilmuwan sangat antusias untuk melihat apa yang terjadi.
Asteroid Apophis Dipastikan Tidak Menabrak Bumi di 2036 Asteroid Apophis Dipastikan Tidak Menabrak Bumi di 2036 Reviewed by Kontributor on 3/24/2013 01:52:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.