Selain di Rusia, Meteor Juga Memintas di California

Info Astronomy — Ini benar-benar mulai terlihat seperti ada yang jatuh dari langit. Menurut laporan media, sebuah meteor seperti bola api melesat di langit atas California Bay Area pada Jumat (15 Februari), hanya beberapa jam setelah satu meteor terang meledak di atas kota Chelyabinsk, Rusia dan asteroid selebar 50 meter membuat sejarah titik terdekat dengan Bumi.

Meteor seperti bola api di California berkobar di sekitar jam 19.45 waktu setempat Jumat (22:45 EST, 0345 GMT, 10.00 WIB Sabtu), seperti dilansir NBC Bay Area.

Meteor di California memiliki warna kebiruan dan terlihat lebih panjang di beberapa wilayah, dari Fairfield utara dari San Francisco Bay ke Gilroy, yang terletak di selatan San Jose.

Tidak ada laporan warga cedera, yang membedakan meteor dari bagian California. Ledakan Chelyabinsk menghasilkan gelombang kejut yang kuat dan merusak ratusan bangunan dan melukai lebih dari 1.000 orang. Meteor di Rusia adalah ledakan terbesar sejak 1908 yang meratakan 825 mil persegi (2.137 kilometer persegi) hutan di wilayah Tunguska, Siberia, kata ilmuwan NASA.

Memintasnya asteroid 2012 DA14, yang juga berlangsung hari Jumat (hari Sabtu untuk Indonesia), tidak menghasilkan kobaran api seperti di atmosfer, tapi fenomena itu cukup dramatis. Batu luar angkasa melaju pada jarak terdekat 17.200 mil (27.000 km) dari bumi pada satu titik, datang lebih dekat daripada cincin satelit geosinkron yang mengelilingi planet ini.

Perlintasan ditandai pendekatan terdekat oleh asteroid besar yang astronom pernah diketahui sebelumnya. Batu luar angkasa yang menghasilkan bola api di Chelyabinsk tidak ada hubungannya dengan asteroid 2012 DA14, kata peneliti NASA.

Sedikit yang diketahui tentang di mana meteor Bay Area datang dari saat ini, tetapi mungkin berubah menjadi terkait juga. [SPACE]