Penjelasan Objek Bersinar di Planet Mars


Info Astronomy — Seperti yang kami beritakan pekan lalu, gambar dari Curiosity rover menunjukkan apa yang tampak seperti sepotong logam mengkilap mencuat keluar dari batu. Beberapa pembaca kami menyarankan bahwa mungkin pegangan atau knob dari beberapa jenis. Ini sebuah tombol, ya, kata Ronald Sletten dari tim Mars Science Laboratory, namun bentukan ini benar-benar alami. Sletten, dari University of Washington, menjelaskan bahwa, tidak mengherankan, sebenarnya merupakan bagian dari batu yang berbeda - lebih keras dan lebih tahan terhadap erosi - dari sisa batu itu tertanam kedalam.

Di Bumi, seperti di Mars, "sering Anda dapat melihat tombol atau proyeksi pada permukaan terkikis oleh angin, terutama ketika batu keras, kurang erodible berada di atas," kata Sletten, melalui email ke dari Jet Propulsion Laboratory Media Relations Office. "Batu di atas proyeksi yang kemungkinan lebih tahan terhadap erosi angin dan melindungi batu yang mendasari dari yang terkikis."

Sejauh mengapa tampak mengkilap, Sletten mengatakan, "Permukaan mengkilap menunjukkan bahwa batu ini memiliki butir halus dan relatif keras. Keras, batu berbutir halus dapat dipoles oleh angin untuk membentuk permukaan sangat halus."

Hal ini juga mungkin mengkilap karena tertiup angin dan karena itu bebas debu, Sletten mengatakan, "sedangkan permukaan tidak langsung yang terkikis oleh angin mungkin memiliki lapisan debu kemerahan atau batu-pelapukan kulit. Permukaan sandblasted dapat mengungkapkan warna batu yang melekat dan tekstur." [UT, riza]
Penjelasan Objek Bersinar di Planet Mars Penjelasan Objek Bersinar di Planet Mars Reviewed by Kontributor on 2/13/2013 10:03:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.