Okultasi Jupiter oleh Bulan Terjadi Senin Malam


Info Astronomy — Okultasi Planet Jupiter oleh Bulan terjadi lagi pada 18 Februari 2013! Okultasi ini adalah yang ke-3 kalinya setelah Desember 2012 dan Januari 2013 dan juga yang terakhir. Peristiwa ini akan terjadi lagi pada Juli 2016.

Okultasi dalam astronomi adalah terhalangnya benda langit oleh benda langit lain yang nampak lebih besar (dari Bumi). Ya, mirip dengan gerhana.

Okultasi Planet Jupiter oleh Bulan dapat Anda amati pada 18 Februari 2013 mulai pukul 18.00 WIB. Pada saat itu, Anda tidak akan melihat Planet Jupiter sebab okultasi sedang terjadi. Planet Jupiter sedang berada di 'belakang' Bulan yang saat itu dalam fase Bulan Cembung Awal, dengan kata lain Bumi-Bulan-Jupiter berada dalam satu garis lurus.

Okultasi akan terus terjadi hingga pukul 23.00 WIB, Planet Jupiter sudah mulai terlihat seperti bintang cemerlang di bawah Bulan.

Fenomena ini dapat diamati di seluruh Indonesia, tinggal menyesuaikan saja waktunya. Syaratnya, langit harus cerah tanpa polusi udara, lampu kota, awan, atau pun hujan. Anda dapat mengamatinya tanpa alat bantu seperti teleskop. Namun, menggunakan binokuler mungkin akan lebih memesona.

Anda cukup memerhatikan Bulan pada senja 18 Februari 2013 yang berada pada langit atas kepala (rasi Taurus). Info Astronomy melalui akun Twitter resminya akan membuka sesi #Observasi mulai pukul 18.00 WIB pada 18 Februari 2013. [UT, riza]
Okultasi Jupiter oleh Bulan Terjadi Senin Malam Okultasi Jupiter oleh Bulan Terjadi Senin Malam Reviewed by Kontributor on 2/17/2013 12:10:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.