Minggu Dinihari, Bulan Berdekatan dengan Saturnus

Info Astronomy — Dinihari pada 3 Februari 2013, pukul 04.00 waktu lokal Anda akan berkesempatan melihat Bulan berdekatan dengan Saturnus di langit. Mereka berdua akan berdekatan sejauh 3,5 derajat jika diamati dari Bumi.

Tidak perlu menggunakan alat bantu teleskop, dengan mata telanjang saja sudah cukup untuk mengamatinya. Bedanya mengamati dengan teleskop dan mata telanjang adalah, jika dengan teleskop Anda dapat mengamati Saturnus berserta cincinnya di langit, sedangkan mata telanjang Anda hanya akan melihat Saturnus sepeti bintang (lihat ilustrasi di atas).

Pastikan langit di daerah Anda pada Minggu dinihari besok cerah, tidak ada awan dan tidak hujan. Jika Anda terus mengamati hingga pukul 05.00 waktu lokal, Anda akan menemui Venus yang muncul di langit tenggara (arah Matahari terbit saat ini). Venus juga akan seperti bintang jika dilihat dengan matah telanjang, hanya saja ia lebih cerah dengan magnitudo -3,36 (sedangkan Saturnus saat itu bermagnitudo 0,74.)

Fenomena ini dapat diamati mulai pukul 00.00 waktu lokal saat Bulan dan Saturnus terbit di timur dan berakhir saat Matahari terbit dikarenakan cahaya Matahari mengalahkan semua cahaya bintang atau pun planet di langit. [riza]