Matahari Sekarat, Hujan Komet Dahsyat Ancam Bumi



Info Astronomy  Saat matahari sekarat dan mati, bintang ini akan meledak. Saat itu ledakan bintang ini akan membakar dan menghujani tata surya dengan komet, tak terkecuali Bumi.

Sekitar lima miliar tahun ke depan, matahari akan kehabisan hydrogen untuk membakar intinya. Saat itu, bintang ini akan berubah menjadi bintang merah raksasa yang akhirnya meledakkan atmosfernya untuk menyisakan inti serupa bara yang disebut white dwarf atau katai putih.

Peneliti University of Cambridge mengatakan, melalui simulasi komputer, tampak pergolakan kematian matahari akan terasa sejauh dan seluas awan komet pada Ort Cloud yang berada di luar orbit Pluto.

Akibatnya, planet dalam termasuk Bumi akan terbakar selama fase ini. Namun, kini para ilmuwan yakin dampaknya jauh lebih parah. Seiring hilangnya massa matahari, gravitasi akan berkurang dan perubahan itu bisa melempar obyek yang sedang mengorbit.

Peneliti Dimitri Veras dan rekannya mengatakan, simulasi komputer ini mengindikasikan seperti ditulis UPI, sebanyak 20% komet Ort Cloud akan menghujani planet-planet dalam tata surya. [astronomi.us]
Matahari Sekarat, Hujan Komet Dahsyat Ancam Bumi Matahari Sekarat, Hujan Komet Dahsyat Ancam Bumi Reviewed by Kontributor on 2/22/2013 04:46:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.