Komet Pan-STARRS: Berita Lengkap

Info Astronomy — Lembaga Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan penampakkan benda luar angkasa, komet, yang bisa disaksikan oleh mata telanjang pada Maret 2013. Komet Pan-STARRS, telah ditemukan melalui Panoramic Survey Telescope & Rapid Response System di atas gunung Haleakala di Hawaii pada tahun 2011.

Pada Bulan Maret 2013, komet ini akan berada di ketinggian 100 juta mil dari Planet Bumi. Sebagian besar para ahli astronomi meyakini bahwa objek ini bisa dilihat dengan mata telanjang pada saat matahari terbenam di arah barat tanggal 8 hingga 24.

Komet Pan-STARRS, akan memintas paling dekat dengan Bumi pada tanggal 5 Maret 2013 dengan jarak 1.09 AU. Komet akan datang ke perihelion (pendekatan terdekat dengan Matahari) pada tanggal 10 Maret 2013. Estimasi awal komet yang diperkirakan akan bertambah cerah ke magnitudo 0 (kira-kira kecerahan Alpha Centauri A atau Vega). (Semakin kecil magnitudo semakin cerah).

Bagaimana komet akan bereaksi terhadap matahari sulit untuk diprediksi. Karena jarak yang dekat dari matahari, Pan-STARRS sangat aktif, menghasilkan banyak debu dan karena itu memperlihatkan ekor debu yang bagus.

Mungkin masih sulit untuk melihat dari sudut pandang di Bumi, karena komet akan sangat dekat dengan matahari. Ini berarti bahwa komet hanya dapat diamati di waktu senja ketika langit tidak sepenuhnya gelap. Tanggal terbaik untuk melihat mungkin 12-13 Maret, ketika Pan-STARRS muncul di langit sewaktu matahari terbenam, tidak jauh dari Bulan Sabit. Sebuah komet dan Bulan, bersama-sama dibingkai oleh senja biru adalah pemandangan yang langka.

Saat ini Pan-STARSS berada dalam konstelasi Grus pada jarak 1,18 AU dari Bumi, Komet Pan-STARRS sudah memerlihatkan pemandangan yang mengesankan bagi pengamat langit di belahan bumi selatan saat ini.

Pan-STARRS akan dengan mudah diamati tanpa gangguan, gangguan tersebut adalah turunnya hujan atau tertutup awan tebal yang dapat mengganggu pemandangan. Selain itu, ada baiknya melihat komet ini di tempat gelap dan jauh dari lampu jalan raya.

"Cara terbaik adalah memilih tempat yang gelap, jauh dari lampu jalan. Lihatlah ke arah matahari terbenam setelah matahari telah terbenam. Komet ini akan tepat berada di atas cakrawala," jelas peneliti dari Institute for Astronomy, University of Hawaii.

Komet Pan-STARRS tidak akan menabrak Bumi. Kami akan memanyau pergerakan komet ini, ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan infoemasi lebih lengkap tentang komet ini.  [DBS]