Komet C/2013 A1 Akan Menumbuk Mars pada 2014?

Info Astronomy - Diagram komet dari Laboratorium Propulsi Jet milik NASA, dikatakan komet C/2013 A1 (Siding Spring) akan memintasi permukaan Planet Mars pada 19 Oktober 2014 mendatang. Akankah kmet tersebut menumbuk Planet Mars?

Jawabannya adalah tidak, jika Anda melihat bagian bawah dari diagram tersebut, Anda akan melihat pendekatan terdekat komet Siding Spring dengan Planet Mars adalah 0.006 AU (1 AU = 150 juta kilometer).

Sebagai pengamatan lebih lanjut ditambahkan dan orbit disempurnakan, kita akan memiliki gagasan yang lebih baik apakah itu akan berdampak. Data menunjukkan bahwa dampak memintasnya komet Siding Spring akan menumbuk Planet Mars adalah tidak mungkin, karena pendekatannya hanya dalam jarak 0,015 AU (2.277.700 kilometer dari permukaan Mars).

Komet Siding Spring ditemukan oleh Robert McNaught di Siding Spring Observatory, New South Wales, Australia, pada 3 Januari 2013. [riza, astroblogger]