Bola Api di California Terjadi Beberapa Jam Setelah Meteor Rusia


Info Astronomy — Beberapa jam setelah sebuah meteor meledak di atas Rusia dan melukai lebih dari 1.000 orang dan sebuah asteroid melewati relatif dekat dengan Bumi, warga di California melaporkan melihat lampu kilat bercahaya di atas wilayah San Francisco Bay yang membuat terkejut dan senang.

Berdasarkan laporan, cahaya yang melesat di langit California Utara adalah meteor sporadis, atau bola api, dan bukan peristiwa besar, kata Mike, manajer operasi untuk Masyarakat Meteor Amerika, berbasis di Genesee, NY. Kelompok ini mencatat setidaknya 35 laporan dari fenomena tersebut, katanya.

"Bola api terjadi setiap malam, di seluruh dunia," katanya.

Para ahli mengatakan meteorit kecil menabrak bumi lima sampai 10 kali setahun tapi kemungkinan dari sebuah meteor hanya lewat, seperti salah satu yang melesat di Chelyabinsk, Rusia, sangat jarang. Meteor lain mendarat di Bay Area pada bulan Oktober dan menyebabkan ledakan sonik yang keras, suara yang bisa saja dari meteor yang lebih cepat dari kecepatan suara.

Pada hari Jumat, Space Chabot dan Science Center di Oakland juga melaporkan menerima panggilan menggambarkan apa yang tampaknya menjadi sebuah bola api yang terbang.

Bay Area media melaporkan bola api terlihat dari daerah yang membentang dari Gilroy, sekitar 80 km sebelah selatan dari San Francisco, ke Sacramento, sekitar 90 mil ke timur laut.

Salah satu saksi mata mengatakan kepada stasiun televisi NBC11 objek muncul kebiruan dan tampaknya menuju langsung ke tanah. San Leandro penduduk Krizstofer Loid mengatakan di KTVU-TV bahwa ia sedang duduk di kursi taman di halaman belakang rumahnya ketika ia melihat objek itu. "Saya melihat, seperti, beruntun biru dari langit. Saya pikir itu kembang api. Tapi aku tidak mendengar suara," katanya.

Braidman mencatat sekitar 15.000 ton puing-puing dari asteroid memasuki atmosfer bumi setiap tahun. [Yahoo!]
Bola Api di California Terjadi Beberapa Jam Setelah Meteor Rusia Bola Api di California Terjadi Beberapa Jam Setelah Meteor Rusia Reviewed by Kontributor on 2/17/2013 02:19:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.