Asteroid Pengorbit Matahari Ini Bernama 'Wikipedia'

Info Astronomy — Wikipedia yang sarat dengan artikel tentang luar angkasa. Dan sekarang Wikipedia ada di luar angkasa juga - khususnya, sebagai sebuah asteroid baru yang bernama "Wikipedia." Komite Small Body Nomenklatur telah mengganti nama sebuah asteroid di sabuk utama, nomor yang sebelumnya berlabel 274301, dengan moniker resmi: Sejak saat itu, dikenal sebagai Wikipedia.

Para astronom di Audrushivka Astronomical Observatory di Ukraina pertama kali melihat asteroid ini pada bulan Agustus 2008. Observasi di Caussols-ODAS di Perancis dan Mt. Lemmon Survey dan Steward Observatory di Arizona juga mengamati asteroid ini. Komite menjatuhkan nama resmi pada 27 Januari, berdasarkan saran dari anggota dari Yayasan Wikimedia di Ukraina.

Para peneliti juga mencatat beberapa fakta ilmiah tentang Wikipedia (asteroid), termasuk pengukurannya satu sampai dua kilometer dengan diameter dan orbitnya, yang membawanya mengelilingi matahari setiap 3,68 tahun Bumi. Dan orbit itu tidak akan bertabrakan dengan bumi, sehingga tidak perlu untuk memanggil Bruce Willis. Para astronom di seluruh dunia, dan di NASA, secara teratur memindai langit malam dalam rangka untuk mencari asteroid dekat Bumi dan benda-benda lain yang berpotensi menimbulkan ancaman dampak negatif ke Bumi. (Yang terbaru, dengan nama yang kurang elegan "2012 DA14," karena melintasi dalam jarak 17.200 mil dari Bumi pada 15 Februari 2013 nanti.) [TND, riza]