5 Fakta Mengenai Satelit Alam Milik Planet Katai Pluto


Info Astronomy — Para ilmuwan mengumumkan penemuan sebuah satelit alam baru di sekitar Pluto pada tanggal 11 Juli 2012. Dengan begitu, sekarang satelit dari planet katai Pluto menjadi lima.

Para peneliti menggunakan NASA Hubble Space Telescope untuk melihat satelit alam Pluto yang baru ditemukan tersebut. Instrumen ini juga menemukan tiga satelit Pluto lainnya yaitu P4 tahun 2011 lalu, Nix dan Hydra di tahun 2005.

Berikut adalah beberapa fakta seru tentang satelit alam barunya:

1. Nama yang sangat pendek

Satelit alam baru Pluto ini telah diberi sebutan S/2012 (134.340) 1, tapi itu tidak mungkin bagi siapapun selain para astronom untuk menyebutnya demikian. Untuk penamaannya, satelit ini akan diberi nama P5 (sangat pendek kan?).

International Astronomical Union yang mengawasi penamaan benda langit, sebenarnya telah menetapkan bahwa benda di lingkungan Pluto menerima nama mitologi berhubungan dengan dunia mitos. Pluto, Charon, Nix dan Hydra sudah memenuhi persyaratan ini, tapi P4 (nama satelit Pluto ke empat) dan P5 ini sangat tidak berhubungan dengan mitologi. Anda dapat memberi nama kedua satelit alam terakhir Pluto (P4 dan P5) dalam polling di situs Pluto Rocks ini.

2. Satelit yang sangat kecil

P5 tidak ada apa-apanya dibanding Bulan milik Bumi. Peneliti berpendapat bahwa P5 berbentuk tidak teratur, dengan diameter antara 6 sampai 15 mil.

P5 diketahui sebagai satelit alam milik Pluto yang terkecil. Charon sendiri berdiameter 648 mil, Nix dan Hydra mempunyai diameter antara 20 sampai 70 mil, dan P4 antara 8-21 kilometer.

Sebagai perbandingan, Bulan Bumi mempunyai diameter kira-kira 2.150 mil.

3. Sangat dekat dengan Pluto

P5 beredar di sekitar Pluto pada jarak rata-rata 29.000 mil, terletak di luar orbit Charon tapi di dalam orbit Nix, Hydra dan P4. Menurut peneliti, orbit dari semua satelit alam Pluto tidak diketahui secara pasti.

Sedangkan Bulan Bumi mengelilingi planet kita dari jarak sekitar 239.000 mil.

4. P5 membuat astronom cemas

Penemuan P5 menarik bagi para peneliti untuk mempelajari tata surya luar, tapi mungkin juga menyebabkan beberapa dari mereka sedikit cemas juga.

Pesawat ruang angkasa NASA, New Horizon akan sampai di Pluto pada tahun 2015 untuk menyelidiki planet katai tersebut beserta satelit-satelitnya. Terdeteksinya P5, dan P4 tahun lalu, menunjukkan bahwa sistem Pluto lebih ramai dari para yang dipikirkan ilmuwan. Jadi New Horizons mungkin harus berhati-hati, karena tabrakan dengan partikel sekecil bola tenis saja bisamengakibatkan pesawat ruang angkasa bergerak cepat keluar jalur.

"Kita telah menemukan lebih dan lebih, sehingga keprihatinan kita tentang bahaya akan naik," kata peneliti utama New Horizons Alan Stern, dari Southwest Research Institute di Boulder, Colorado.

5.Terbentuk dari tabrakan benda langit

Berdiameter kira-kira 1.430 mil, Pluto jauh lebih kecil dari bulan Bumi. Jadi peneliti sangat tertarik dengan koleksi yang kompleks dari satelit alam Pluto tersebut.

Para ilmuwan saat ini berpikir bahwa semua satelit alam Pluto yang telah ditemukan adalah peninggalan dari tabrakan masif antara planet kecil dan objek besar lainnya di Sabuk Kuiper, cincin es luar di orbit Planet Neptunus berjuta-juta tahun yang lalu. [SXM]
5 Fakta Mengenai Satelit Alam Milik Planet Katai Pluto 5 Fakta Mengenai Satelit Alam Milik Planet Katai Pluto Reviewed by Kontributor on 2/13/2013 05:50:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.